Kamis, 30 April 2009

. Kamis, 30 April 2009

Notebook Lamborghini baru dari Asus (ketok.com)


Asus telah mengeluarkan seri notebook Lamborghini terbaru yaitu ASUS-Lamborghini VX3. Seri ini memiliki keunggulan performa dan waktu hidup baterai yang lebih baik, didukung dengan Core 2 Duo CPu Penryn-based 45-nanometer process, Geforce 9300M G 256MB, dan RAM sebesar 3GB.

VX3 membawa semua kelebihan ASUS-Lamborghini VX mulai dari bentuk hingga performa, namun ukurannya lebih kecil dari VX. Dengan widescreen 12.1″ dan berat 1.68kg, Lamborghini VX3 jelas lebih praktis dari Lamborghini VX. Warna VX3 tentu saja kuning atau hitam, yang merupakan warna khas seri Lamborghini. Panel kristal dan rangka dari titanium alloy menambah kekuatan desain Lamborghini.

Selain itu, Lamborghini VX3 juga disertai kulit sapi asli untuk kenyamanan tangan, webcam terintegrasi untuk memudahkan face to face chat tanpa perlu pusing dengan kabel, 3G untuk akses internet dimana saja, dan pengamanan dengan sidik jari.

Rusia Rajanya Virus? (ketok.com)

Informasi PCtools, Rusia diperkirakan akan mengalahkan China sebagai negara pembuat spyware dan virus.

Negara Rusia saat ini memiliki catatan sebagai penyebar 27.89 persen virus di dunia. Sementara China turun dengan 26.52 persen

Virus dari Rusia memiliki pola penyebaran dengan beberapa varian dan penyebaran yang membanjiri jaringan.

Dibawah ini urutan 10 besar negara terbesar penyebar malware

1. Russia – 27.89%
2. China – 26.52%
3. United States – 9.98%
4. Brazil – 6.77%
5. Ukraine – 5.45%
6. United Kingdom – 5.34%
7. France – 3.81%
8. Germany – 2.14%
9. Sweden - 1.6%
10. Spain – 1.37%

Platform Skulltrail dari Intel (ketok.com)


Platform untuk desktop terbaru dari Intel yang diberi kode nama “Skulltrail” kini siap unjuk gigi dengan dual socketnya. Motherboard yang dipakai mengsupport dua prosesor Intel quad core dengan total delapan processing engines dan pilihan graphic card terbaik dari ATI ataupun NVIDIA.

Skulltrail adalah kode nama untuk Motherboard D5400XS dipadukan dengan dua prosesor Intel Core 2 Extreme QX9775. Harga motherboard ini sendiri mencapai USD649 di tempat asalnya, sementara prosesornya seharga USD1,499 sebuah.

Dengan pilihan NVIDIA SLI atau ATI Crossfire, Skulltrail diharapkan menjadi pilihan para hardcore gamer dengan kemampuannya yang melebihi spesifikasi rekomendasi game-game tercanggih masa kini.

Setiap prosessor Intel Core 2 Extreme QX9775 dilengkapi dengan L2 cache sebesar 12MB, sistem bus dengan kecepatan 1600MHz, dan empat inti atau core yang berlari pada kecepatan 3.2 Ghz. Bagi Anda yang ingin performa yang lebih sadis lagi, overspeed protection atau bus ratio locks pada prosessor Intel Core 2 Extreme juga telah dimatikan sehingga Anda bisa mengovercloak prosessor ini semaksimal mungkin.

“Platform dual prossesor ini adalah desktop PC tercepat yang pernah kami tes di lab, mencapai score 6481 dengan test CPU 3DMark06 dan 20,160 pada Cinebench 10 sementara frekuensi yang digunakan masih standar 3.20 Ghz,” kata Shervin Kheradpir, direktur dari Intel performance benchmarking.


Amankan Laptop Anda Dari ‘Tangan Jahil’ (ketok.com)


Di kalangan pelajar atau pebisnis, laptop saat ini seolah telah menjadi teman setia yang selalu menemani kemanapun pemiliknya pergi. Ini wajar, karena memang kehadiran laptop sangat memudahkan untuk mengerjakan berbagai hal seperti menyimpan bermacam-macam file penting.

Namun, Anda mungkin acap merasa was-was ketika harus membawa laptop saat bepergian. Pasalnya, saat ini pencuri seolah selalu mengintai langkah Anda dimanapun berada. Utamanya di keramaian, pencurian laptop sudah mulai menggejala sehingga Anda patut waspada.

Nah, lalu bagaimana cara untuk mengamankan laptop kesayangan Anda dari tangan-tangan jahil tersebut? Simak beberapa tips berikut agar laptop Anda tetap aman.

1. Gunakan Tas Laptop Yang Tidak Mencolok

Saat bepergian membawa laptop, gunakan tas ransel yang tidak terlalu mencolok perhatian, sehingga orang-orang tidak menyangka bahwa isi ransel tersebut adalah laptop. Tas bawaan dari toko yang bertuliskan merek laptop biasanya beresiko tinggi karena pencuri tahu bahwa tas Anda berisi laptop. Karena itu, lebih baik Anda memakai tas yang biasa-biasa saja untuk membawa laptop.

Namun, sebaiknya Anda juga memilih tas ransel yang memang mempunyai space khusus untuk menempatkan laptop. Tujuannya adalah agar dudukan laptop lebih mantap, tidak mudah goyah ketika dibawah saat perjalanan. Dan sekarang pun sudah banyak tas ransel yang memiliki model seperti ini.

2. Perhatikan Terus Laptop Anda

Jangan sekalipun kehilangan perhatian terhadap laptop Anda. Awasi terus keberadaannya di manapun berada. Misalnya ketika melewati bagian pemeriksaan keamanan, pastikan bahwa Anda yang memegang kendali atas laptop Anda, bukan petugas pemeriksaan. Bahkan di tengah keramaian, pegang erat laptop Anda dan jangan lupakan keberadaannya.

3. Lindungi Data Anda

Jika di dalam laptop Anda terdapat file yang penting dan sensitif, ingat untuk meng-encrypt (menulis data dengan kode-kode khusus) data Anda. Jangan lupa pula untuk membuat back up data di komputer lain atau di perangkat seperti USB Flash. Bagaimanapun, Anda tak pernah bisa memastikan laptop Anda akan selalu aman dari pencurian.

4. Ciptakan Sebuah Password Secara Berkala

Buatlah sebuah password untuk mengamankan laptop, sehingga tidak sembarang orang bisa mengoperasikannya. Bahkan akan lebih aman jika Anda terus memperbaharui password dalam kurun waktu tertentu.

5. Asuransikan Laptop Anda

Sekarang sudah bukan hal aneh lagi untuk mengasuransikan laptop, apalagi jika itu adalah laptop mahal dan merupakan barang kesayangan. Asuransi akan sangat bermanfaat jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

6. Anggap Diri Anda Sebagai Agen Rahasia

Jangan meninggalkan tas laptop Anda sekalipun. Anggap diri Anda sebagai seorang agen rahasia yang sedang membawa barang yang sangat berharga dan super rahasia sehingga Anda harus menjaganya sekuat tenaga. Hal ini mungkin akan meningkatkan kewaspadaan Anda.

7. Labeli Laptop Anda

Labeli laptop dengan nama Anda atau organisasi. Pastikan label ini merekat kuat sehingga sulit dilepaskan tanpa merusaknya. Hal ini akan memudahkan identifikasi, jika laptop hilang atau dicuri dan beruntung polisi atau seseorang menangkap sang pelaku.


Tips Membeli Laptop Second (ketok.com)


Membeli laptop bekas bisa jadi pilihan menarik. Misalnya, Anda ingin menghemat uang atau sekedar membelikan laptop bagi anak agar melek komputer. Apapun alasannya, berikut beberapa tips membeli laptop bekas berkualitas seperti dikutip dari Blaptops:

1. Perhatikan Seksama Fisik Laptop

Casis
Kondisi dari casis laptop mengindikasikan apakah laptop bekas dirawat dengan baik. Perhatikan baik-baik seluruh casis laptop sehingga Anda tak menyesal di kemudian hari karena tak cermat mengamati kerusakan yang terjadi.

Layar Laptop
Layar LCD laptop adalah salah satu komponen paling mahal. Karena itu, pastikan layar laptop masih mampu bekerja dengan baik.

Keyboard dan Touchpad
Pastikan keyboard dan touchpad laptop masih berfungsi baik. Hal ini karena mengganti keyboard dan touchpad, selain membutuhkan biaya juga tak semudah seperti halnya di desktop.

2. Perhatikan Seksama Komponen Dalam Laptop

Prosesor
Untuk saat ini, sebaiknya Anda membeli laptop bekas berprossesor minimal Pentium III. Prosesor ini masih mampu menjalankan sistem operasi modern seperti Windows XP dengan cukup baik.

Memori
Memori RAM biasanya berharga murah saat ini. Teliti kapasitas RAM dan periksa apakah bisa diupgrade dengan mudah jika suatu saat Anda menginginkannya. Disarankan agar laptop punya kapasitas RAM minimal 512 Mb.

Kapasitas Harddisk
Laptop lama mungkin hanya punya kapasitas harddisk maksimal 40 GB, bahkan ada yang hanya 10 GB. Tentukan kapasitas yang memenuhi kebutuhan Anda dalam menyimpan data.

Baterai
Baterai laptop bekas biasanya lemah. Pertimbangkan apakah Anda memerlukan baterai baru. Jika misalnya laptop hanya dipakai di rumah, Anda mungkin tak perlu baterai baru dan bisa mengandalkan daya listrik.

3. Tanyai Diri Anda

Tanyakan pada diri Anda apakah sudah mantap membeli laptop bekas. Apakah laptop bekas tersebut kira-kira bisa bertahan cukup lama atau apakah tidak sebaiknya Anda menunggu waktu untuk membeli yang baru? Ingat, harga laptop baru makin menurun seiring perkembangan teknologi. Namun jika Anda sudah mantap membeli laptop bekas dengan mempertimbangkan berbagai untung rugi, lakukan saja.


Tips Aman Transaksi e-banking (ketok.com)


Aksi penipuan melalui internet dengan menggunakan situs aspal (asli tapi palsu) makin marak terjadi belakangan ini. Beberapa bank ternama di Indonesia sudah menjadi korbannya.

Penjahat cyber menggunakan tampilan situs yang nyaris mirip dengan situs asli sebuah bank atau situs finansial untuk mengelabui korban menginputkan data-data penting seperti username dan password.

Jangan sampai Anda masuk perangkap phisher. Simak jurus menggunakan layanan online banking secara aman, yang diramu dari Infotech Indiatimes dan detik.

1. Cek URL Situs

Cek selalu URL situs bank Anda. Para penjahat cyber biasanya memikat korban untuk memasukkan username dan password ke situs palsu yang menyerupai situs resmi bank Anda. Jika Anda melihat suatu hal yang aneh, selain dari situs resmi bank Anda, bisa jadi situs tersebut palsu.

Jangan pernah memasukkan username atau password dan data sensitif lainnya tanpa terlebih dahulu memastikan bahwa Anda berada di situs yang benar. Satu lagi yang paling penting, usahakan selalu mengetik alamat situs bank Anda langsung pada browser, jangan pernah mengklik link yang ada dalam e-mail.

2. Update Sistem

Cek selalu update keamanan sistim operasi Anda. Pastikan sistim operasi dan browser Anda sudah diinstal dengan patch keamanan terbaru dari sumber terpercaya. Kalau perlu, pakailah firewall untuk mencegah hacker mencuri hak akses komputer Anda, khususnya jika Anda terhubung ke internet dengan menggunakan kabel atau model DSL.

3. Ganti Password

Gantilah password online banking Anda secara berkala. Hindari kode password yang mudah ditebak, seperti nama, tanggal lahir, nomor telepon. Jika perlu, gunakan password yang terdiri dari huruf abjad dan angka.

Jika Anda mempunyai beberapa rekening bank, jangan pernah gunakan password online banking yang sama untuk semua rekening. Jangan pernah pula menyimpan username dan password Anda di browser karena kemungkinan bisa di-crack hacker.

4. Cek Kebijakan Privasi Situs Bank

Beberapa bank saat ini sudah mempersenjatai sistim internet banking mereka dengan sistem keamanan yang lebih aman. Misalnya, jika Anda mentransfer uang secara online ke rekening lain dalam jumlah lebih besar, biasanya Anda akan diminta untuk menginputkan sebuah password tertentu. Beberapa bank membutuhkan password untuk memvalidasi transaksi berjumlah besar.

Pastikan pula bahwa alamat situs bank tersebut diawali dengan ‘https’, yang menandakan bahwa situs tersebut benar-benar “secure”, karena telah dilindungi oleh teknologi enkripsi data (SSL).

5. Cek ‘Last Logged In’

Umumnya terdapat panel ‘last logged in’ di situs bank. Cek panel tersebut setiap kali Anda login. Jika tiba-tiba muncul peringatan bahwa Anda tidak berwenang mengakses, misalnya Anda baru login ke situs itu 2 hari lalu, namun di panel tercatat bahwa Anda terakhir login tadi pagi, segera laporkan ke bank Anda dan ganti password tersebut.

Jangan lupa untuk selalu klik tombol ‘exit’ atau ’sign out’ setelah masuk ke portal online banking Anda. Tutup pula browser tersebut untuk memastikan bahwa session Anda telah diterminasi.

6. Jangan Tinggalkan PC

Jangan pernah tinggalkan PC jika Anda telah menginputkan informasi transaksi online banking di situs. Sebisa mungkin hindari mengakses layanan online banking di warnet atau komputer publik. Hindari pula mengakses layanan online banking melalui koneksi Wi-Fi, jika privasi dan keamanannya kurang.

7. Hindari Mengisi Data Penting dalam Form

Hindari mengisi form yang ada dalam e-mail yang meminta informasi keuangan, seperti nomor rekening atau kartu kredit. Apalagi jika Anda diminta menginputkan username, password, nomor debit dan kartu kredit bank Anda.

Perlu diingat, petugas bank tidak pernah meminta nasabahnya untuk mengisi username, nomor kartu kredit ataupun password di sebuah form


Hardware Untuk Koneksi Wireless (Wi-Fi) (ketok.com)


Komunikasi data menjadi sangat penting dalam kehidupan manusia saat ini. Kebutuhan akan adanya internet nirkabel, menuntut orang untuk meng-update periperal komputernya. Berikut adalah beberapa contoh alat-alat yang digunakan utk koneksi nirkabel (wireless)

Dibawah ini adalah contoh dari perangkat dan jenis untuk perlengkapan WIfi (Wireless Network)

Hardware Access Point + plus

Perangkat dibawah ini adalah perangkat standard yang digunakan untuk access point. Access Point dapat berupa perangkat access point saja atau dengan dual fungsi sebagai internal router. Bahkan pada model terbaru sudah ditambahkan teknologi Super G dengan kemampuan double transmisi, smart DHCP bagi client network dan hardware standard monitor serta Firewall dan sebagainya.

Alat Access point dapat dipasangkan pada sebuah hub, cable modem atau alat lainnya untuk menghubungkan computer dengan WIFI kedalam sebuah network lain.

PCMCIA Adapter

Alat ini dapat ditambahkan pada notebook dengan pada PCMCIA slot. Model PCMCIA juga tersedia dengan tipe G atau double transmit..

USB Wireless Adaptor

Termasuk perangkat baru dan praktis pada teknologi WIFI. Alat ini mengambil power 5V dari USB port. Untuk kemudahan USB WIFI adapter dengan fleksibel ditempatkan bagi notebook dan PC. Tetapi pada perangkat USB WIFI Adapter memiliki batasan. Sebaiknya mengunakan USB port 2.0 karena kemampuan sistem WIFI mampu mencapai data rate 54Mbps. Bila anda memerlukan kepraktisan, penambahan perangkat Wireless USB adaptor adalah pilihan yang tepat, karena bentuknya yang praktis dan dapat dilepas. Tetapi perlu diingatkan bahwa dengan supply power kecil dari USB port alat juga memilki jangkauan lebih rendah, selain bentuk antenna yang ditanam didalam cover plastik akan menghambat daya pancar dan penerimaan pada jenis perangak ini.

USB Add-on PCI slot

Perangkat ini umumnya diberikan bersama paket mainboard untuk melengkapi perangkat WIFI pada sebuah computer. Sama kemampuannya dengan PCI card wireless network tetapi mengunakan jack USB internal pada mainboard termasuk pemakaian power diambil dari cable tersebut. Perangkat pada gambar dibawah ini juga dapat diaktifkan sebagai Access Point melalui software driver. Kekuatan alat ini terletak pada antenna, dan memiliki jangkauan sama seperti PCI Wireless adaptor.

Mini PCI bus adapter

Perangkat miniPCI bus untuk WIFI notebook berbentuk card yang ditanamkan didalam case notebook. Berbeda dengan card yang digunakan pada computer dengan PCI interface. PCImini bus adalah slot PCI yang disediakan pada notebook dan pemakai dapat menambahkan perangkat seperti WIFI adaptor didalam sebuah notebook. Umumnya perangkat hardware dengan miniPCI bus tidak dijual secara umum, tetapi model terbaru seperti pada Gigabyte GN-WIAG01 dengan kemampuan WIFI Super G sudah dijual bebas untuk upgrade Wireless adaptor bagi sebuah notebook.

Perangkat mini PCI untuk wireless nantinya diberikan 2 buah socket antena dan terhubung dengan antena di sisi layar sebuah notebook. Untuk keterangan dimana perangkat ini dipasang, dapat dilihat pada gambar menginstall Mini PCI bus.

Install Mini PCI bus Wireless Adaptor - Click picture for detail
Adalah contoh sebuah notebook dengan interface PCIbus yang masih kosong. Bila sebuah notebook sudah mendukung teknologi WIFI, biasanya sudah disediakan 2 kabel antenna yang menghubungkan PCIbus card ke external antenna. Adalah penempatan jack antenna untuk PCImini card WIFI

PCI card wireless network

PCIcard Wireless network dapat juga berupa sebuah card WIFI yang ditancapkan pada slot computer atau dengan mengambil power dari USB tetapi dipasangkan pada PCI slot. Perangkat Wireless network dapat juga diaktifkan menjadi Access point. Perangkat jenis PCI card dipasangkan permanen pada sebuah desktop PC.


50 Orang Terpenting Dalam Dunia Web (ketok.com)


Siapa saja yang memberi pengaruh terbesar dalam jaringan online? Berdasarkan analisis PC World, terdapat tenaga broker Web, blogger, kalangan intelektual, dan pengusaha untuk menemukan kontribusi mengenai siapa yang menentukan cara pemanfaatan layanan Web orang di dunia.
Berikut daftar orang-orang penting dan berpengaruh dalam dunia web:

1. Eric Schmidt, Larry Page, dan Sergey Brin, Eksekutif Google
Jika harga saham Anda mencapai USD 500 per lembarnya, Anda berarti berhasil mengumpulkan uang sebanyak USD 33 miliar. Anda dapat menjalankan mesin pencari yang paling ramai trafiknya di Internet. Proyek kecil-kecilan Sergey Brin dan Larry Page asal Stanford berkembang menjadi gardu Web yang paling banyak dibicarakan dan salah satu dari beberapa nama pada daftar ini berubah menjadi verba. Schmidt meninggalkan Novell untuk bergabung dalam jajaran direktur Google pada tahun 2001 dan segera menjadi CEO perusahaan itu. Dengan mendominasi dunia periklanan online, Google sepertinya siap melakukan perjalanan akuisisi dan membeli YouTube menandakan langkah besar terhadap dominasi menyeluruh dalam bisnis Web.

2. Steve Jobs, CEO Apple
Tidak ragu lagi Anda pasti bosan dengan penghargaan media seputar aksi CEO Apple ini. Tetapi ketika seseorang mengaplikasikan gema musik gratis DRM ke seluruh dunia, sulit mengacuhkan kekuatan pengaruh pria tersebut. Jobs mempopulerkan download musik, acara TV, dan film secara legal. Melalui iPhone yang akan dirilis dalam waktu kurang dari lima bulan lagi, demonstrasinya pada MacWorld Expo memberi saran bahwa produk ini kemungkinan mempopulerkan Internet browsing menggunakan perangkat mobile.

Jika harga saham Anda mencapai USD 500 per lembarnya, Anda berarti berhasil mengumpulkan uang sebanyak USD 33 miliar. Anda dapat menjalankan mesin pencari yang paling ramai trafiknya di Internet. Proyek kecil-kecilan Sergey Brin dan Larry Page asal Stanford berkembang menjadi gardu Web yang paling banyak dibicarakan dan salah satu dari beberapa nama pada daftar ini berubah menjadi verba. Schmidt meninggalkan Novell untuk bergabung dalam jajaran direktur Google pada tahun 2001 dan segera menjadi CEO perusahaan itu. Dengan mendominasi dunia periklanan online, Google sepertinya siap melakukan perjalanan akuisisi dan membeli YouTube menandakan langkah besar terhadap dominasi menyeluruh dalam bisnis Web.Tidak ragu lagi Anda pasti bosan dengan penghargaan media seputar aksi CEO Apple ini. Tetapi ketika seseorang mengaplikasikan gema musik gratis DRM ke seluruh dunia, sulit mengacuhkan kekuatan pengaruh pria tersebut. Jobs mempopulerkan download musik, acara TV, dan film secara legal. Melalui iPhone yang akan dirilis dalam waktu kurang dari lima bulan lagi, demonstrasinya pada MacWorld Expo memberi saran bahwa produk ini kemungkinan mempopulerkan Internet browsing menggunakan perangkat mobile.

3. Bram Cohen, Cofounder BitTorrent
Sistem P2P seperti KaZaA dan eDonkey adalah produk tahun lalu. Masa depan adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan BitTorrent, penggagas ahli matematika dan anak ajaib dalam dunia pemrograman Bram Cohen. BitTorrent dikembangkan pada 2001 dan mendapatkan popularitas sebagai cara pen-download-an file besar (seperti film) dengan pembagian beban melalui hardware dan bandwidth. Kecakapan teknologi ini menangani file besar membawa Cohen berselisih dengan Motion Picture Association of America, yang meminta BitTorrent memindahkan konten berhak cipta dari jaringannya. Tetapi penarikan itu tidak menghambat kerjanya. Dilaporkan lebih dari sepertiga trafik Web saat ini berasal dari klien BitTorrent. BitTorrent dan kalangan raksasa dunia hiburan sejak lama telah menggabungkan kekuatan mereka. BitTorrent Entertainment Network yang baru saja dilansir mengeluarkan ribuan film standar industri, acara televisi, game, dan lagu-lagu untuk dijual dan disewa.

4. Mike Morhaime, Presiden Blizzard Entertainment
Dalam dunia online gaming, terdapat World of Warcraft, dll. Dengan jumlah pemain sebanyak 8 juta di seluruh dunia, Blizzard meraup keuntungan sebesar USD 1,5 miliar setahun dari WoW. Setiap pemain dengan terengah-engah terus memperhatikan Mike Morhaime bila ada kesempatan untuk mendapatkan Blade of Eternal Justice. Seperti dengan Second Life, keseluruhan bisnis dunia nyata berdasarkan teknologi game. Tidak seperti Second Life, walaupun bisnis ini mengeksploitasi ekonomi dan permainan game WoW, keseluruhannya tidak memberikan sambutan yang baik.

5. Jimmy Wales, Founder Wikipedia
Banyak pengunjung online menganggap ensiklopedi Internet Wikipedia sebagai penghentian pertama dan terakhir dalam pencarian sebuah topik. Konten yang dihasilkan penggunanya menjadi sangat dapat diandalkan sehingga majalah Nature mendeklarasikannya sebagai “sumber yang hampir seakurat [Encyclopedia].” Situs tersebut dikutip sebagai sumber informasi dalam lebih dari 100 keputusan pengadilan di AS sejak 2004. Tetapi popularitasnya juga menjadikan Wikipedia sebagai target oleh para spammer, kasusnya sangat banyak sehingga Wikipedia untuk sementara waktu memblokir akses dari seluruh negara Qatar untuk aksi pengeditan. Untuk menggagalkan usaha spammer, Wales putuskan penghapusan tag “nofollow” pada link eksternal, memberitahukan mesin pencari untuk mengacuhkan link dalam mencegah peningkatan buatan terhadap peringkat mesin pencari target link ini. Strategi ini menjamin keunggulan Wikipedia bahwa pencarian akan terus meningkat. Tetapi Wikipedia hanyalah langkah awal Wales. Ia juga meluncurkan mesin pencari pribadi bernama WikiSeek yang melakukan pencarian terhadap situs-situs yang disebutkan dalam Wikipedia.

6. John Doerr, Venture capitalist pada Kleiner, Perkins, Caulfield & Byers
Mantan salesman Intel, John Doerr telah menjadi raja aset enterprise di Silicon Valley sejak 27 tahun lalu dan melakukan investasi dalam bisnis teknologi mulai dari Sun Microsystems, Amazon.com, hingga Google. Jeff Bezos (lihat nomor 24) pernah menggambarkan Doerr sebagai “pusat gravitasi Internet.” Doerr juga menyertakan uang untuk menyokong kampanye politik, mendukung inisiatif pemilihan suara negara bagian yang cukup kontroversi di California terkait energi alternatif, dan penelitian stem-cell.

7. Craig Newmark, Founder Craigslist
Dalam situsnya tidak terdapat iklan, mengenakan biaya sangat rendah terhadap sebagian kecil pengunjungnya, memiliki domain “.org,” dan memiliki 23 pekerja. Saat ini meskipun memiliki tampilan sederhana, Craigslist mengakumulasikan 14,1 juta tampilan halaman Desember lalu dan menjadi situs ke-52 yang paling banyak dilihat Desember lalu berdasarkan comScore Media Metrix. Craigslist milik Newmark menjadi candu bagi banyak pihak yang secara spontan menyegarkan kembali daftar barang-barang gratis, “bersambutan hangat,” dan iklan pribadi selagi lari dari pekerjaan sehari-hari. Hal yang paling penting, situs itu dengan kekuatannya sendiri hampir menghancurkan bisnis iklan yang dikategorikan sebagai offline. Di area pantai San Francisco saja, satu penelitian menemukan, situs tersebut menguras USD 65 juta per tahun dengan porsi iklan pendukung kelangsungan hidup surat kabar lokal.

8. Peter Levinsohn, Presiden Fox Interactive Media
Fox Interactive Media, bagian dari News Corporation milik Rupert Murdoch, adalah salah satu unit Web terkuat dan mengendalikan 13 situs dengan jangkauan mulai dari MySpace.com hingga yang paling kontroversial FoxNews.com., pelengkap bagi siaran film tradisional dan properti televisi News Corp. Divisi yang berfokus pada Internet meliputi top 10 properti yang dikunjungi di dunia pada Desember 2006, berdasarkan comScore World Metrix. Menurut TechCrunch, kemungkinan akan terdapat tambahan lainnya, ketika Fox Interactive memiliki USD 2 miliar uang pengakuisisian untuk digulirkan.

9. Marissa Mayer, Vice president Google untuk search products & user experience
Ratu produk Google mengawasi berbagai daftar layanan Web dan perangkat raksasa pencarian ini, seperti Google Maps, Google Desktop, dan Google Base, serupa layanan e-commerce eBay. Wanita nomor satu di Google ini bergabung dalam perusahaan tersebut sebagai insinyur perempuan pertama pada 1999. Ia sebelumnya adalah pegawai perusahaan di nomor Alibaba.com dan bekerja mengembangkan tampilan minimalis Google yang saat ini cukup familiar. Tetapi jangan menyalahkannya atas semua pekerjaan dan jangan main-main terhadapnya. Menurut situs Google, ia mengorganisasi pegawai tugas malam.

10. Chad Hurley dan Steve Chen, Founder YouTube
Walaupun Google mengakusisi perusahaannya, founder YouTube, Chad Hurley (CEO) dan Steve Chen (CTO) sepertinya mengkampanyekan semua hal agar bisa terealisasi. Tokoh video Internet ini memperkenalkan rencana pembayaran user atas video, dan perusahaan ini juga menandatangani beberapa kemitraan konten media besar (dengan MTV, NBC, Warner Music, dll). Rekan co-founder, Jawed Karim malah meninggalkan perusahaan itu dan mengejar gelar master dalam bidang sains komputer di Stanford University.

11. Kevin J. Martin, Chairman Federal Communications Commission AS
Ia mungkin berpenampilan lugu dan biasa saja, tetapi Martin tidak diragukan lagi adalah birokrat Web yang paling berpengaruh. Ia mengambil alih kendali FCC pada 2005, dan saat ini ia menghadapi sedikit kontroversi dan tidak adanya skandal seperti dialami pendahulunya Michael Powell. Tetapi tidak berarti ia tidak dapat menghentikan koneksi Internet Anda seperti keinginan terbesarnya.

12. Brad Templeton, Chairman of the board Electronic Frontier Foundation
Jika pernah menemukan diri Anda berada di sisi yang salah terkait hak cipta elektronik dan persaingan kebebasan pribadi, perlu diketahui Brad Templeton dan Electronic Frontier Foundation adalah teman Anda. Mereka membela pendistribusi file yang digugat oleh Recording Industry Association AS dan mengajukan komplain melawan American Online untuk mengungkap masalah pencarian pelanggan. Saat ini mereka tengah memerangi blogger yang tidak mau diam dengan pembuat publikasi bocoran dokumen sehubungan salah presentasi pihak-pihak tertentu terhadap Eli Lilly dengan efek samping obat Zyprexa. Nafsu besar Templeton terhadap hak cipta dan kebebasan berbicara tidak mengherankan. Veteran yang mempublikasikan Web ini mulai melancarkan aksinya sejak 1989 ketika mendirikan ClariNet, perusahaan yang mempublikasikan layanan yang disebut Templeton sebagai “surat kabar pertama di Internet.”

13. Henry Chon, CEO Cyworld
Jangan sebut Cyworld sebagai MySpace-nya Korea. MySpace justru adalah Cyworld-nya AS. Di Korea Selatan, berdasarkan perkiraan 25 % populasi (dan 90 % penduduk remajanya) memiliki akun Cyworld. Situs ini memiliki desain individu berupa miniatur avatar animasi mewakili mereka dalam dunia online unik. Pada 2006, CEO Henry Chon menawarkan Cyworld ke kawasan AS. Walaupun Cyworld saat ini mendapat kesuksesan sebanding, MySpace tidak dengan mudah dapat beristirahat jika catatan profil Chon memberikan indikasi adanya kompetisi di masa depan.

14. Shana Fisher, Senior vice president IAC/InterActiveCorp untuk strategi dan M&A,
Chairman dan CEO IAC/InterActiveCorp

Barry Diller, mencintai online enterprise miliknya. Setelah perayaan pembelian, IAC saat ini memiliki Ask.com, Citysearch, Expedia, Match.com, Ticketmaster, dan host bisnis Web berorientasi layanan. Tetapi siapa yang menganjurkan Diller untuk menginvestasikan uangnya? Tentu saja penasehat merger dan akuisisinya, senior VP, Shana Fisher, yang menentukan ke mana dan kapan saatnya IAC harus berinvestasi. Pengawasannya atas serentetan aksi akuisisi IAC menjadikannya tanpa ragu sebagai wanita paling kuat dalam bisnis Internet.

15. Niklas Zennstrom dan Janus Friis, Founder Skype dan KaZaA
Sepertinya Niklas Zennstrom dan Janus Friis tidak dapat berhenti membuat inovasi. Pertama mereka membuat jaringan distribusi file peer-to-peer (walaupun dikacaukan malware) KaZaA. Lantas mereka meningkatkan usaha dengan membuat software VoIP yang sangat terkenal, Skype. Setelah menjual Skype ke eBay seharga USD 2,6 miliar, pasangan ini kembali memproduksi Joost (awalnya bernama “The Venice Project”), sebuah layanan distribusi video P2P yang saat ini masih dalam bentuk beta untuk kalangan sendiri. Akankah Zennstrom dan Friis membuat aplikasi peruntungan pembunuh? Setelah diwajibkan menyelesaikan perkara hukum RIAA sehubungan KaZaA dengan nilai USD 100 juta, mereka langsung menegosiasikan dengan penyedia konten saat persiapan peluncuran Joost secara resmi.

16. Matt Mullenweg, Developer software dan situs blogging WordPress
Matt Mullenweg hampir tidak membeli minuman (beralkohol), tetapi penggila open source berusia 22 tahun ini berhasil mengembangkan WordPress, software publikasi open source yang disukai oleh peminat blogging di seluruh dunia. Pada 2004, WordPress sudah cukup dikenal sehingga rumah penerbit Web, CNet, menarik Mullenweg untuk menangani proyek ini. Mullenweg mengundurkan diri pada 2005, meninggalkan tawaran untuk bekerja penuh buat WordPress, yang dewasa ini lebih menyerupai content-management system, dengan berbagai template, widget, dan plugin, dan perlindungan antispam Askismet.

17. Philip Rosedale, CEO Linden Lab
Philip Rosedale menggunakan konsep MMORPG (massively multiplayer online role-playing game) dan menghadirkannya dalam destinasi Web virtual yang paling sering dibicarakan, Second Life. Tetapi jangan menganggapnya hanya sebagai sebuah permainan. Bagi makin banyak “penggunanya,” Second Life menjadi kehidupan pertama, di mana mereka dapat melakukan apa saja dalam dunia virtual mulai dari menikah hingga peluncuran bisnis yang berfungsi secara eksklusif sesuai batasan yang dimiliki situs tersebut. Banyak pebisnis dunia nyata membuka cabang di layanan Second Life juga. Faktanya, Second Life menjadi sangat terkenal karena serangan telak mulai dilancarkan. Nick Denton dari Valleywag membandingkan sistem finansialnya dengan skema piramida

18. Jon Lech Johansen, Creator DeCSS decryption program
Lebih dikenal sebagai DVD-Jon, Jon Lech Johansen adalah hacker asal Norwegia yang mengungkap sistem enkripsi yang digunakan pada film DVD, tetapi memberi kemungkinan penyalinannya. Johansen merilis DeCSS decryption program pada 2002 dan saat itu ditawarkan secara nasional. Akhirnya lebih disebarluaskan, Johansen melancarkan pemecahan DRM iTune buatan Apple (kembali) selagi ia bekerja sebagai software developer di AS. Jika terjadi kekacauan dengan pemukulan dalam membongkar format high-definition DVD dengan muslix64 yang masih anonim, pembuat program “backup” untuk HD DVD akhir tahun lalu dan untuk Blu-ray Disc pada Januari lalu. Johansen tetap pembelot yang paling ditakuti media besar.

19. Jerry Yang, David Filo, dan Terry Semel, Kalangan Eksekutif Yahoo
Inovasi produk Google dan pembelian YouTube seharga USD 1,65 miliar mungkin mengacuhkan Yahoo dari kalangan publik, tetapi raksasa Web tersebut dipimpin oleh founder Yang dan Filo serta CEO Terry Semel yang melancarkan serangan balik. Dua tahun lalu, Yahoo mengambil alih situs photo-sharing Flickr dan situs bookmark sosial Del.icio.us. Perusahaan ini juga melanjutkan aksinya dengan peluncuran properti baru seperti Yahoo Food dan Yahoo Pipes (untuk pembuatan custom data feed). Pergeseran Yahoo ke platform iklan Panama mewakili usaha lain menarik pendapatan iklan yang telah dikuasai Google.

20. Jack Ma, COO Alibaba.com
Ingin melakukan bisnis di China tanpa memesan tiket pesawat ke Shanghai? Alibaba.com adalah pertaruhan terbaik. Didirikan oleh Jack Ma pada 1999, e-marketplace business-to-business yang sangat sukses ini adalah tempat online terbaik untuk bertemu dengan pihak-pihak dan memasarkan tawaran proposal dan produk. (Ma dikutip ketika mengatakan bahwa perusahaan itu mendapatkan kesuksesannya sejak ia diculik di Malibu dan muncul keadaan di mana ia harus membantu penahannya memulai bisnis di China.) Pada tahun 2005, Yahoo membuat investasi bernilai miliaran pada Alibaba yang saat ini menjalankan Yahoo China. Perusahaan itu sekarang terperosok dalam skandal, ketika menyediakan informasi penyebab penahan seorang wartawan China akibat pembongkaran rahasia negara.

21. Brewster Kahle, Direktur Internet Archive
Sejak 1996, Internet Archive nirlaba ini mengumpulkan ribuan byte data—buku tua, film, musik, dan tayangan televisi. Sementara itu, fitur lainnya bernama Wayback Machine, sedikit mengambil gambar sejarah Web untuk catatan aksi browsing. Kunjungilah gambar lama situs kesukaan Anda melalui Internet, mungkin akan terasa kaget betapa berbedanya halaman itu dahulu. Kahle ikut membuat Internet Archive dengan tujuan “memelihara warisan digital,” tetapi jangan biarkan kalangan kurator yang sederhana membodohi Anda. Kahle juga bersaing untuk hak cipta AS dalam kasus Kahle melawan Gonzales, kasus hukum amendemen pertama yang mengesankan.

22. Ray Ozzie, Chief software architect Microsoft
Pada 2006, saat Bill Gates melepaskan posisinya sebagai chief software architect pada Microsoft setelah dipegangnya selama 30 tahun, pengamat menyambut pengganti pilihannya dengan tepuk tangan: software visionary, Ray Ozzie. Kreator software kolaborasi Lotus Notes dan Groove kini bertugas menjamin relevansi teknologi Microsoft dalam era di mana Web menjadi ancaman yang akan menggantikan desktop OS tradisional. Perintis dalam kolaborasi berbasis komputer, Ozzie sepertinya siap untuk menangani pekerjaan itu. Satu saran spontan untuk Ray: Ia perlu memikirkan peng-update-an blog miliknya dahulu.

23. Markos Moulitsas Zuniga, Blogger Daily Kos
Suara kiri yang paling berkumandang mengenai Web, adalah Markos “Kos” Moulitsas, seorang tokoh politik tanpa identis online. Blog miliknya menampilkan komentar kalangan liberal mulai dari Nancy Pelosi hingga Jimmy Carter, dan Moulitsas bahkan pernah melansir sebuah konferensi (disiarkan menjadi bagian aksi C-Span) bagi para aktifis politik berpikiran serupa. Dukungan Kos tidak selalu berupa kesuksesan, tetapi dukungannya terhadap Ned Lamont mempengaruhi lawannya, Joe Lieberman, yang mengalami kekalahan dalam pemilihan pendahuluan Senat Partai Demokrat di Connecticut tahun lalu, walaupun Lieberman menang telak dalam pemilihan umum sebagai kalangan independen. Kos tidak mengindikasikan hasrat apapun terkait kepemilikan kantor sendiri.

24. Jeff Bezos, CEO Amazon
Ia mungkin melansir Amazon.com dengan tujuan pengembangan situs itu menjadi toko buku online terbesar, tetapi Bezos menunjukkan bahwa bisnis buku dan CD di seluruh negara itu hanyalah aksi pertama. Putaran berikutnya: merambah barang mainan, kaus, dan perangkat berat. Dan saat ini, sebagai cabang bisnisnya, Bezos melemparkan dirinya sendiri ke dalam layanan Web. Artinya? Hanya sebagai awal dari framework terbaru pengembangan situs, termasuk layanan “utilitas komputasi” yang mungkinkan Anda membeli server time dengan harga 10 sen untuk selama satu jam. Sementara menanti ditemukannya cara strategi grid computing inovasinya bekerja, jangan lupa bahwa Bezos akan menawari Anda Barbie Fashion Fever Grow ‘N Style Styling Head dengan potongan harga hingga 50 %.

25. Robert Scoble, Vice president of media development untuk PodTech.net
Anda tahu aktivitas para pekerja adalah suatu kesuksesan jika pebisnis besar ingin ikut bergabung. Bagi bisnis besar itu —yang menyandang nama Microsoft— telah melakukan segalanya dengan benar. Semuanya ini menyangkut Robert Scoble. Saat menjadi pekerja Microsoft, ia membuat blog tentang perusahaan itu dan memperkenalkan sisi kemanusiaan dari kerajaan Redmond. Pandangan sekilas terhadap pekerjaan inti Microsoft, teknologi hebatnya, dan orang-orang cerdasnya menghancurkan (atau paling tidak merentakan) stereotype Microsoft. Blog Microsoft lantas menjadi bagian integral komunikasi perusahaan itu dengan para penggunanya. Pada 2006 Scoble meninggalkan Microsoft untuk PodTech.net, di mana video podcast Scoble Show berisi wawancaranya dengan para gaek. Bintang tamu terbarunya adalah editor in chief PC World, Harry McCracken, yang berhenti memperdebatkan pertanyaan abadi: Mac atau PC? Scoble juga pernah mewawancarai kandidat presiden AS 2008 John Edwards, yang terang-terangan mempersulitnya blogger itu.

26. John Battelle, Entrepreneur dan chairman Federated Media Publishing
Pengusaha dan wartawan John Battelle mendapatkan posisi di sisi arena saat berlangsungnya pembukaan Web 1.0, 2.0 (ia menjadi cohost acara konferensi Web 2.0 Summit dengan Tim O’Reilly—lihat nomor 36), dan (dalam fase awal) 3.0. Sebagai tambahan, ia menemukan sesuatu yang dianggap sebagai Vanity Fair dan People Magazine sebagai era Internet: Wired Magazine dan The Industry Standard. Proyek teranyarnya, Federated Media Publishing, mewakili daftar utama konten online. Daftarnya sebanyak lebih dari 50 situs menyertakan 43 Folders, Ars Technica, BoingBoing, dan TechCrunch. Buku Battelle terbitan 2005 berjudul The Search: How Google and Its Rivals Rewrote the Rules of Business and Transformed Our Culture dan blog miliknya, Searchblog, dapat dibaca oleh siapa saja yang ingin memahami kestabilan perkembangan dunia industri teknologi.

27. Lawrence Lessig, CEO Creative Commons
Pernyataan statusnya yang bagaikan raja dalam bidangnya, Wired bahkan pernah menjulukinya sebagai “Elvis of Cyberlaw”—dan beberapa nama lainnya. Lawrence Lessig adalah profesor pada Stanford University Law School serta founder dan ketua Creative Commons (CC), inisiatif nirlaba yang mempromosikan sistem lisensi gratis tetapi tanpa pembatalan untuk karya online. Dirancang memungkinkan pemegang hak cipta untuk mendistribusikan konten dan mengontrolnya karena lisensi CC menginterpretasikan apakah pemegang hak tersebut masih membutuhkan atribusi lain, pembatasan penggunaan komersil, atau memungkinkan karya salinan mendapat perhatian khusus. Aktivitas musik seperti DangerMouse dan David Byrne menyediakan lagu-lagunya dalam lisensi Sampling Plus CC untuk distribusi nonkomersil dan contoh komersil, sementara terdapat pembatasan pemasangan iklan untuk itu. Properti media yang dilisensi Creative Commons tersimpan dalam bentuk yang dapat dicari ulang pada halaman Creative Commons Search.

28. Meg Whitman, CEO eBay
Jika ada industri yang tidak terjamah eBay, saat ini kita tidak akan menemukannya. Entah berusaha menyertakan produk PlayStation 3 pada minggu yang sama dengan publikasinya atau berusaha melengkapi setelan gambaran aksi Thundercats, Anda mungkin akan mengunjungi raja segala lelang yang patut dimuliakan. Tetapi Meg Whitman, yang berperan sebagai CEO eBay saat ini usianya menjelang 9 tahun (berdasarkan era standar dot-com) dan memiliki banyak ide dari sejak masa boneka GI Joe dan masalah kantor pusat. Ia juga menjadi bos sistem pembayaran online Web terbesar, PayPal, dan bangga terhadap kepemilikan terbarunya atas sistem VoIP paling terkenal, Skype.

29. Ron Wyden, Senator AS asal Oregon
Senator senior AS asal Oregon dari partai Demokrat, memiliki peringkat panjang sebagai salah satu suara Capitol Hill yang paling berpengaruh dalam bidang teknologi. Selama jabatannya, Wyden menjadi penulis dan anggota penulis Science and Technology Emergency Mobilization Act, Cyber Security Research and Development Act, dan CAN-SPAM Act yang kontroversi. Baru-baru ini, Wyden memperkenalkan rancangan undang-undang bernama Internet Nondiscrimination Act, yang mencegah perusahaan telekomunikasi membayar lebih besar untuk distribusi konten yang lebih cepat.

30. Michael Arrington, Blogger/publisher asal TechCrunch
Pengusaha dan mantan pengacara yang ikut membuat jawaban pemerintah Kanada untuk pihak Netflix (Zip.ca), Michael Arrington, alihkan perhatiannya pada 2005 ke masalah blogging tentang perusahaan Web anyar. Hampir setiap malam ia menjadi sensasi, memperoleh bermacam perhatian, menjilat dari calon dot-com yang biasanya dipesan oleh nama-nama seperti Gates dan Jobs. Dengan properti TechCrunch yang saat ini berkembang hingga mencapai 6 domain, Arrington yang kadang pemarah ini tidak diragukan lagi adalah pekerja blogger yang paling hebat dewasa ini.

31. Bruce Schneier, Cryptographer
Entah fokusnya adalah Transportation Security Administration prosedur keamanan terbaru atau pertanyaan kepastian keamanan password dengan 12 karakter, Bruce Schneier tawarkan renungan paling logis (dan paling sangat berpengaruh) pada keamanan komputer yang sepertinya dapat ditemukan secara online atau offline. Tulisan Schneier terbaru tentang masalah keamanan terkait dengan perang melawan teroris—luar negeri, di rumah, dan secara online—perlu dibaca.

32. Kevin Rose, Founder Digg
Semua orang yang memiliki cerita di jaringan Web ingin agar user Kevin Rose “menggalinya.” Mantan pembawa acara TechTV (dan kolega Leo Laporte—lihat nomor 47) mendirikan Digg.com pada 2004, menghadirkan kekuatan jaringan sosial untuk bidang pemberitaan. Algoritma Digg mungkinkan user mengajukan berita kesukaan mereka dan memilihnya. Ekspansi Digg hingga ke luar berita teknologi hingga kategori berita mainstream pada Juni 2006 mendorong BusinessWeek memilih gambar Rose yang terlihat bodoh pada bagian depan bersama dengan estimasi penawaran dengan alis mata yang naik sebesar USD 60 juta. Entah Rose seorang multijutawan atau bukan, situsnya ternyata hanya memiliki sedikit pengaruh dalam jaringan Internet.

33. David Farber, Founder Interesting-People.org
Sejak awal 1990, David Farber telah menjalankan mailing list Interesting-People. Mulanya hanya berupa beberapa e-mail sederhana untuk kalangan teman dan kolega (orang-orang yang tertarik) dan berubah menjadi deposit mailing list online. Interesting-People mengetengahkan topik mulai dari 9/11 hingga netralitas Digital Millennium Copyright Act to Net dan selanjutnya menjadi matang dengan komentar opini dari beberapa orang berpengaruh. Farber saat ini adalah profesor sains komputer dan public policy pada Carnegie Mellon University. Posisi sebelumnya juga sebagai petugas chief technologist untuk Federal Communications Commission.

34. John Hinderaker, Scott Johnson, dan Paul Mirengoff, Author PowerLine
Kandidat politik tidak mampu lebih lama mengacuhkan blog politik, dan PowerLine adalah salah satu blog khusus kalangan politik yang paling berpengaruh. Tiga serangkai neo konservatif tersebut—tiga pengacara yang bertemu saat menimba ilmu pada Dartmouth College— mulai mendapat kepercayaan dari “RatherGate,” ketika mereka menyusun argumen paksaan di mana dokumen Killian tersebut, yang digunakan Dan Rather selama siaran berita 60 Minutes pada layanan National Guard milik George W. Bush, ternyata tipuan. Awalnya, Rather dan CBS News tidak mengindahkan blogger PowerLine; tetapi akhirnya, CBS mengakui adanya pemalsuan tersebut dan Rather mengundurkan diri.

35. Vinton G. Cerf, Chairman ICANN Board of Directors, serta vice president dan chief Internet evangelist untuk Google
Memiliki peran dalam pengembangan protokol TCP/IP sarana bergantung jaringan. Vinton G. Cerf adalah salah satu bapak pendiri Internet. Sebagian besar karyanya sehubungan protokol muncul selama era 1970-an dan awal 1980-an sementara pada masa itu ia bekerja untuk DARPA (Department of Defense’s Advanced Research Projects Agency, agen proyek penelitian mutakhir departemen pertahanan, red). (Untuk menghargai usahanya, Cerf dan mitranya Robert Kahn dianugerahi Presidential Medal of Freedom pada 2005.) Saat ini, Cerf memimpin ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers), dan sejak tahun 2005 ia menjadi vice president dan chief Internet evangelist Google. Ia menjadi pembela tangguh untuk masalah netralitas Internet, terutama sebelum diajukan ke pihak Senate Judiciary Committee. Ia juga bekerja dengan NASA dalam Jet Propulsion Laboratory pada sebuah Interplanetary Internet bagi kepentingan sistem komunikasi luar angkasa yang lebih luas.

36. Tim O’Reilly, Founder dan CEO O’Reilly Media
O’Reilly adalah pencipta frase “Web 2.0,” dan ia juga ikut menjadi pembawa acara (bersama dengan John Battelle—lihat nomor 26) ajang konferensi industri Web 2.0 Summit yang wajib diikuti. Penerbit keluaran Harvard ini membuat yayasan dengan fokus pada manual komputer. Banyak peminat komputer segera dapat mengenali keruwetan garis hitam dan putih gambar binatang yang menghiasi sampul buku O’Reilly. Tetapi perusahaan ini tumbuh mengintegrasikan media baru—blog, podcast, dan barita online—dukungannya.

37. Drew Curtis, Founder Fark.com
Vulgar, kasar, dan menghasilkan trafik, itulah cara yang ditempuh Fark.com dalam mengundang komunitas komentator khususnya untuk berpartisipasi dalam pembedahan yang selalu brutal. Akan tetapi hal ini sering kali kocak tentang berita hangat yang terkadang menjadi berita baru. Ketika situs ini memberikan lampu hijau untuk berita dengan baris kepala deskriptif “Anna Nicole Smith’s condition downgraded to dead,” Reuters dan media pemberitaan internasional lainnya lantas melaporkan faktanya. Enterprise ini masih dijalankan oleh seorang pria, founder dan asisten cerdas Drew Curtis. Pada Januari 2007, ia meluncurkan FarkTV pada situs video komedi SuperDeluxe. Ia juga dijadwalkan akan merilis buku berjudul It’s Not News, It’s Fark: How Mass Media Tries to Pass Off Crap as News pada bulan Mei 2007.

38. Gabe Rivera, Creator Techmeme
Gabe Rivera mengkreasikan content-analysis algorithm kuat yang mampu memindai media berita dan blog tradisional, mengidentifikasi narasi penting, dan mengkategorisasikannya dengan tanda berupa hal yang mudah dibaca. Tujuannya untuk menemukan narasi berita besar selanjutnya yang saat ini belum dimiliki. Itulah mengapa blogger berpengaruh, decision maker, dan kutu berita menganggap situs Techmeme harus dibaca. Sementara Digg menyusun narasi berita berdasarkan pilihan, dan Slashdot (lihat nomor 44) melakukannya berdasarkan opini editorial, teknologi yang mendasari Techmeme—dan situs turunannya WeSmirch, Memeorandum, dan Ballbug—menyediakan cara paling hebat dalam pemanfaatan kekuatan investigasi blogosphere.

39. Dave Winer, Blogger dan author RSS 2.0
Jika Anda menghabiskan waktu berjam-jam sehari untuk membaca podcast, maka Anda dapat berterima kasih atau menyalahkan Dave Winer (semua itu tergantung Anda sendiri). Ia adalah salah satu inventor podcasting—dan salah satu blogger angkatan pertama. Winer mulai dengan blog miliknya bernama Scripting News, yang masih dapat dibaca dengan jelas, pada 1997. Ia juga ikut menulis protokol SOAP, sebuah elemen instrumental dalam Web service tanpa operating system. Tetapi, RSS karyanya—yang merupakan teknologi di belakang feed konten Web—adalah yang mampu melambungkan namanya. Produk itulah, ditambah kemampuannya meyakinkan New York Times untuk melakukan RSS dan karyanya yang dapat dimodifikasi sehingga dapat mendukung file media (melahirkan podcast), menjadikannya sebagai bapak distribusi konten era modern.

40. Mike Schroepfer, Vice president of engineering Mozilla
Dalam kelangsungan perang browser, Mike Schroepfer adalah jenderal bintang lima yang memimpin raksasa tentara open-source tetapi secara desentral yang terdiri dari para anggota dan relawan insinyur. Misinya: mengimprovisasikan Web browser terbaik di dunia, Firefox. Lingkungan open-source Firefox mungkinkan siklus pengembangan yang lebih cepat untuk pengintegrasian fitur baru dan keamanan tambahan. Verifikasi kesuksesannya adalah adopsi Internet Explorer 7 terhadap fitur FireFox seperti tabbed browsing.

41. Perez Hilton, Hollywood blogger
Suka atau tidak, blogger kontroversi ini (bernama asli: Mario Lavandeira) mengubah wajah wartawan selebritis. Situs Hilton yang sangat terkenal sepanjang waktu tawarkan akses tentang berita dan foto selebritis, tetapi itu bukan salah satu alasan mengapa ia masuk dalam daftar ini. Hilton mengalami perseteruan hukum dengan agen foto X17, yang menuduhnya menggunakan foto berhak cipta tanpa izin. Hilton mengklaim posting foto pada situsnya adalah hal yang sah, sesederhana mudahnya penggunaan gambar dalam berita. Selanjutnya, perkara hukum federal senilai USD 7,6 juta akan sangat berpengaruh cara blogger di manapun untuk memanfaatkan foto digital secara online.

42. Paul Graham, Trevor Blackwell, Robert Morris, dan Jessica Livingston, Founder Y Combinator
Daripada menanamkan modal besar dalam perusahaan-perusahaan yang mungkin (atau tidak) kelak akan menjadi perusahaan lain sekelas Google, perusahaan penanam modal seperti Y Combinator melakukan kalkulasi yang lebih kecil dengan potensi menjadi Google mini. Y Combinator melakukan 2 putaran biaya dan pengeluaran dengan jumlah kurang dari USD 20.000 untuk para coder dalam usaha mendanai pembuatan prototype yang kelak menghasilkan keuntungan lebih besar. Dalam aksi timbal baliknya, Y Combinator meminta porsi 2 % hingga 10 % saham perusahaan itu. Perusahaan-perusahaan kecil yang dibiayai adalah Reddit (telah diakuisisi oleh CondeNast), Kiko, dan Weebly. Nama-nama tersebut terdengar lucu, jelas, tetapi Anda pasti masih ingat waktu pertama kali mendengar nama YouTube?

43. Mikko H. Hypponen, Direktur penelitian antivirus dari F-Secure
Blog berita keamanan F-Secure, yang ditulis oleh direktur penelitian antivirus-nya, Mikko H. Hypponen, adalah salah satu tempat di Internet yang dapat dikunjungi untuk mempelajari tentang ancaman keamanan terbaru. Sayangnya Sony BMG tidak berpikir seperti itu. Ketika secara langsung diamati oleh F-Secure, Sony BMG mengacuhkan peringatan Hypponen sehubungan rootkit yang tersembunyi dalam software anti pembajakan yang digunakan dalam CD audio SonyBMG. Walaupun F-Secure tidak menyebarluaskan masalah tersebut, ahli Windows, Mark Russinovich, merinci proses penemuan rootkit tersebut dalam blog miliknya. Perasaan malu yang muncul (dan perkara hukum pihak ketiga tentang rootkit itu) kemungkinan mendorong Sony untuk menganggap Hypponen lebih serius lain kali.

44. Rob Malda, Founder Slashdot.org
Pada 1997, Rob Malda (aka CmdrTaco) pencipta Slashdot, blog yang aslinya memiliki konten berita dengan prioritas didiskusikan dalam kirimannya oleh pembaca penjerat (dan kadang sangat teknis). Faktanya, narasi berita aslinya sering kali tersedia berupa pokok sederhana lompatan saja untuk isi komentar dan diskusi situs itu (feed untuk link ke beberapa narasi berita). Bahkan jika Anda memilih Digg (lihat nomor 32), Techmeme (lihat nomor 38), Technorati, atau beberapa blog agregasi berita lainnya, jangan lupa semuanya mengawali dengan Slashdot. Penulis dan editor masih mempertimbangkannya dengan sebuah penghargaan jika narasi berita mereka “dipenggal,” walaupun terjadi peningkatan kompetisi dari situs lain yang mencuri sedikit gemuruh Slashdot.

45. Nick Denton, Founder Gawker Media
Kerajaan blog Nick Denton sangat berpengaruh dan sangat blog bahwa Anda mungkin paling tidak mengunjungi salah satu dari 15 propertinya setiap hari melalui sebuah rute atau lainnya. Dengan judul-judul yang menyertakan 6 Gawker alternatif halaman New York City, Washington, D.C., berita buruk Wonkette, L.A. sepadan dengan Defamer, dan situs berita teknologinya, Gizmodo, kerajaan Denton tidak perlu dipertanyakan lagi sebagai perusahaan blogging mandiri yang paling sukses di dunia Web saat ini, memiliki pengaruh signifikan dalam industri mulai dari bidang automobile Hollywood hingga teknologi mutakhir.

46. Sir Tim Berners-Lee, Direktur World Wide Web Consortium (W3C)
Apa yang akan Anda lakukan setelah menciptakan World Wide Web dan menawarkan secara cuma-cuma? Mendirikan konsorsium yang bertujuan mengimprovisasikannya. Ilmuwan Inggris ini merancang Web browser, editor, dan language protocol (HTTP) pertama sementara juga bekerja sebagai ilmuwan untuk CERN (European Organization for Nuclear Research), dan ia mendirikan W3C pada 1994. Ia saat ini menyuarakan dukungannya terhadap netralitas Internet. Dan seperti kata kalangan perusahaan finansial terbilang tua bernama E.F. Hutton, jika Berners-Lee berbicara, semua orang akan mendengarkan.

47. Leo Laporte, Creator podcast This Week in Tech (TWiT)
Paling tidak 15 tahun lalu, seorang pria di belakang Leoville menciptakan, memandu, dan menulis acara radio dan televisi, hal yang paling melambungkan mantan TechTV ini adalah penampilan Screen Savers. Gaya sesuai personalitasnya didemonstrasikan kepada dunia bahwa media teknologi bisa juga menyenangkan. Aksi penanaman modal terbarunya adalah jaringan podcast TWiT.tv, enterprise yang didukung pemirsanya ini mengumpulkan mantan kru TechTV lain dan mempekerjakan mereka untuk pembuatan lebih dari lusinan podcast, termasuk tajuk “This Week in Tech.”

48. Mohammed dan Omar Fadhil, Blogging Suara Iraq
Tidak terbilang banyaknya blogger yang tertahan karena masalah kebebasan berbicara dengan opini tentang Perang Iraq. Tetapi Fadhil bersaudara, yang membuat blog tentang Iraq, menjadi model yang memunculkan perspektif bahwa beberapa blogger lainnya dapat juga berkompetisi dengan mereka. Mereka adalah orang Iraq yang berbasis di Baghdad. Seseorang akan mendapati ketidakmungkinan membaca posting Fadhil tanpa mengakuisisi pemahaman lebih dalam tentang perang tersebut, implikasinya, dan efek setelahnya. Tidak ada contoh yang lebih baik di manapun tentang cara wartawan pribumi berusaha mengubah dunia.

49. Jesse James Garrett, Presiden Adaptive Path
Garrett, presiden butik desain Web di San Francisco, AS, bernama Adaptive Path, tidak menciptakan Ajax, kumpulan teknologi dan teknik pemrograman yang menyediakan aplikasi berbasis Web seperti aplikasi produktifitas Zoho dan Google Maps interaktifitas dan kecepatan serupa software desktop. Tetapi Ajax tidak benar-benar bangkit hingga Garrett mengidentifikasikan dan menyebutkannya dalam sebuah uraian yang cukup berpengaruh—dan ia tetap melakukan pembelaan dengan lancar untuk teknik inovatif lagi efektif yang digunakan dalam banyak situs dan layanan Web 2.0 terbaik.

50. Tila Tequila, Tokoh MySpace
Jika Anda berteman dengan penyanyi dan model Tila Tequila (nee Nguyen), Anda bukan satu-satunya. Sebanyak 1,6 juta user MySpace mengidentifikasikan diri mereka serupa dengan Anda. Tequila membuktikan persahabatan MySpace ini dapat memberinya kekuatan (dukungan), kemasyuran, dan kekayaan. Nyatanya, ia mendefisi ulang kata “teman” untuk menjangkau individu yang bahkan tidak pernah ditemui. Meskipun apa yang Anda pikirkan tentang talenta Ms. Tequila, ia jelas dapat mengajarkan kursus melalui Web tentang ekonomi, menjadikan saluran komunikasi popularitas online-nya berada dalam ketenaran tingkat A (lebih tepat, tingkat C). Ia berpose untuk majalah Stuff dan ia ikut dalam film yang dibintangi Adam Sandler dan saat ini tengah dalam fase produksi. Halaman MySpace miliknya mengalami peningkatan tajam dengan tampilan lebih dari 56 juta halaman dan komentar sebanyak 1.734.374 buah.

Situs-situs Pencari & Pemberi Informasi Web


Tahukah anda bahwa banyak sekali situs yang dapat memberikan informasi kepada anda tentang web atau situs itu sendiri dan informasi yang ada sering kali membantu kita untuk mengecek sesuatu. Kami akan menampilkan beberapa situs tersebut pada artikel ini. Simak lebih lanjut

1. www.whois.sc
Situs ini berfungsi untuk mengecek status sebuah situs, informasi yang ditampilkan antara lain:
a. Pemilik situs, nama (personal / perusahaan), alamat, telepon, dsb
b. Tanggal registrasi dan tanggal masa berlaku web
c. Server di hosting di mana dan IP-nya bisa dilihat berasal dari negara mana

2. www.alexa.com
Situs ini merupakan situs rating, pemantau trafik dan ranking dari situs. Situs ini mencatat trafik dari masing-masing situs dan dibuat rankingnya berdasarkan banyaknya netter yang masuk ke situs tersebut. Situs yahoo!, MSN dan google merupakan situs yang paling banyak dikunjungi orang saat ini menurut pantauan dari Alexa

3. www.netsol.com
Situs ini merupakan situs yang digunakan untuk mengecek domain (www) apakah sudah terpakai atau belum dan juga situs ini menjual domain dan menawarkan desain situs (web design), hosting situs (web hosting), sertifikat SSL, transfer domain dan lain-lain. Selain itu situs ini juga memuat beberapa informasi yang berguna untuk netter dalam mengecek situs

4. www.submitexpress.com - www.freewebsubmission.com
Kalau anda punya situs dan ingin supaya situs anda dikenal oleh para netter dan masuk dalam search engine, tentu anda perlu kedua situs di atas. Kedua situs ini akan membantu anda otomatis meregister situs anda ke 40 search engine seperti google, yahoo, msn, astalavista dan lainnya dan juga masuk dalam directory search engine tersebut. Situs ini juga banyak menyajikan informasi yang akan membantu akan untuk menaikan rating situs anda

5. www.webstats4u.com
Kalau anda punya situs dan ingin melihat statistik situs anda seperti berapa pengunjung situs, halaman yang di akses, dari negara mana saja pengunjung situs anda, mungkin anda perlu yang satu ini. Webstat4u merupakan salah satu pencatat statistik situs yang paling populer karena selain gratis, fiturnya cukup bagus dan komplit

6. www.google.com - www.yahoo.com
Tentunya anda sudah tahu kedua situs di atas, di mana merupakan situs pencari yang paling populer saat ini. Google sendiri telah membagi-bagi situsnya sesuai kode negara sehingga banyak variasi seperti www.google.co.id (untuk wilayah Indonesia), www.google.co.uk (untuk wilayah Inggris) sehingga pencariannya lebih efisien untuk masing-masing wilayah






























































Axioo

Ada Apa Dengan Axioo NL768?


Selisih 100 dengan seri yang saya miliki yaitu NL658, NL758 hanya berbeda pada processornya. Jika pada seri NL658 menggunakan processor Intel® Core Duo T2050, pada seri NL758 menggunakan processor Intel® Core Duo T2250. Dengan melihat jenis processornya, maka seri NL758 lebih baru dan pastinya juga lebih cepat. Hanya saya sedikit heran ketika tadi (kebetulan mau order untuk programmer di kantor) melihat harga notebook ini di Bhineka.com. Axioo NL758 dilepas dengan selisih harga kurang lebih Rp. 100.000 dibandingkan dengan harga NL658. Padahal, beberapa minggu yang lalu, harganya selisih kurang lebih Rp. 1.000.000. Lalu, saya lihat juga ada icon kecil bertuliskan SALE. Mmmm, ada apa dengan seri NL758 ini ya :-?

Beda tipis

Ketika teman saya menanyakan kepada penjual langganan kami, dia tidak menyarankan untuk membeli Axioo NL758. Katanya seri Axioo ini memiliki masalah pada saat memory-nya mencapai 2GB. Apa iya ya?

Terlepas dari benar tidaknya ada masalah, faktanya harga NL758 menurun secara siginifikan hanya dalam beberapa minggu. Rasanya, tidak mungkin hal ini terjadi jika notebook tersebut tidak bermasalah. Mmmm, untung belum order #:-s


Alhasil, order NL658 lagi saja dengan tambahan memory 512 sehingga menjadi 1GB. Buat programmer yang nantinya memiliki notebook ini, harus makin rajin ya kerjanya :)


Axioo NL658i

ikirim oleh Riyogarta dalam Diary

NL658iMengikuti jejak istri saya memiliki notebook Axioo, saya pun akhirnya memutuskan untuk membeli notebook dengan merek yang sama. Pilihan saya jatuh pada Axioo dengan tipe NL658i yang menurut saya memiliki spec luar biasa dilihat dari harga yang ditawarkan. Jadi, rupanya ada juga produk bagus (bahkan sangat bagus) tetapi harganya terhitung relatif murah :)

Oke, selamat datang Axioo NL658i, mudah-mudahan bisa dimanfaatkan sesuai dengan tujuan saya membeli notebook. Amin.

Berikut ini Daftar harga Notebook AXIOO:

Notebook AXIOO Neon TVR 056 C
Monitor 14.1" Wide XGA TFT | Intel Celeron M540 (1.8Ghz) | DDR2 Memory 512Mb | HDD Seagate 80Gb | WiFi | Card Reader | DVD RW | 1.3 Megapixel Camera
Price: Rp 4.899.000

Notebook AXIOO Neon TVR 016 C
~ Monitor 14.1" Wide XGA TFT
~ Intel Celeron M 550 (2.0Ghz)
~ DDR2 Memory 1024Mb
~ HDD Seagate 80Gb
~ WiFi, Card Reader, DVD Dual
~ 1.3 magapixel Camera
Price: Rp 5.199.000

Notebook AXIOO Neon TVR 6122
Monitor 14.1" Wide XGA TFT | Intel Core 2 Duo T5450 (1.66Ghz) | DDR2 Memory 1024Mb | HDD Seagate 120Gb | WiFi | Card Reader | DVD Dual | 1.3MPx Camera
Price: Rp 6.699.000

Notebook AXIOO Neon TVR 712 P
Monitor 14.1" Wide XGA TFT | Intel Pentium Dual Core T7230 (1.73Ghz) | DDR2 Memory 1024Mb | HDD Seagate 120Gb | WiFi | Card Reader | DVD Dual | 1.3Mpx Camera | Windows Vista Starter
Price: Rp 6.099.000

Notebook AXIOO Neon TVR 618 P
Monitor 14.1" Wide XGA TFT | Intel Pentium Dual Core T2330 (1.6Ghz) | DDR2 Memory 1024Mb | HDD Seagate 80Gb | WiFi | Card Reader | DVD Dual | 1.3MPx Camera
Price: Rp 5.799.000

Notebook AXIOO Neon TVS 722 P
Monitor 12.1" Wide XGA TFT | Intel Pentium Dual Core T2370 (1.72Ghz) | DDR2 Memory 2048Mb | HDD Seagate 120Gb | WiFi | Card Reader | DVD Dual | 1.3MPx Camera | Windows Vista Home Premium
Price: Rp 6.899.000

Notebook AXIOO Neon TVS 612 PSE
Monitor 12.1" Wide XGA TFT | Intel Pentium Dual Core T2330 (1.6Ghz) | DDR2 Memory 1024Mb | HDD Seagate 120Gb | WiFi | Card Reader | DVD Dual | 1.3MPx Camera
Price: Rp 6.299.000

Notebook AXIOO Neon TVS 6122 SE
Monitor 12.1" Wide XGA TFT | Intel Core 2 Duo T5450 (1.66Ghz) | DDR2 Memory 1024Mb | HDD Seagate 120Gb | WiFi | Card Reader | DVD Dual | 1.3MPx Camera
Price: Rp 6.999.000

Note: NEON TVS Series - colorful: Fantastic Green, Sexy Pink, Titanium Grey, Majestic White, Sporty Yellow, Mystery Black

Notebook AXIOO Oris NOC 218
Monitor 12.1" Wide XGA TFT | Intel Core Duo U2500 (1.2Ghz) | DDR2 Memory 1024Mb | HDD Seagate 80Gb | WiFi Intel 3945 | Card Reader
Price: Rp 11.099.000

Notebook AXIOO Oris NOA 212
Monitor 10.6" Wide XGA TFT Glare | Intel Core Duo U2500 (1.2Ghz) | DDR2 Memory 1024Mb | HDD Seagate 120Gb | WiFi Intel 3945
Price: Rp 11.099.000

Notebook AXIOO Zetta TEN 6222
13.3" Wide XGA TFT | Intel Core 2 Duo T5450 (1.66Ghz) | DDR2 Memory 2048Mb | HDD Seagate 120Gb | WiFi | Card Reader | DVD Dual | 1.3Mpx Cemera | Windows Vista Home Premium
Price: Rp 7.899.000

Notebook AXIOO Zetta TEN 718 P
Monitor 13.3 Wide XGA TFT | Intel Pentium Dual Core T2370 (1.73Ghz) | DDR2 Memory 1024Mb | HDD Seagate 80Gb | WiFi | Card Reader | DVD Dual | 1.3MPx Camera
Price: Rp 6.999.000

Notebook AXIOO Zetta TEC 0262
Monitor 13.3" Wide XGA TFT | Intel Core 2 Duo T7250 (2.0Ghz) | DDR2 Memory 2048Mb | HDD Seagate 160Gb | WiFi | Bluetooth | Fingerprint | Card Reader | DVD Dual | 1.3Mpx Camera
Price: Rp 9.299.000

Notebook AXIOO Zetta TEC 6122
Monitor 13.3" Wide XGA TFT | Intel Core 2 Duo T5450 (1.6Ghz) | DDR2 Memory 1048Mb | HDD Seagate 120Gb | WiFi Intel 3945 | Bluetooth | Fingerprint | Card Reader | DVD Dual | 1.3Mpx Camera
Price: Rp 7.999.000

Notebook AXIOO Zetta TLM 6122
Monitor 14.1" Wide XGA TFT | Intel Core 2 Duo T5450 (1.6Ghz) | DDR2 Memory 1024Mb | HDD Seagate 120Gb | WiFi Intel 3945 | Card Reader | DVD Dual | 1.3Mpx Camera
Price: Rp 7.299.000

Notebook AXIOO Zetta TSJ 0262
Monitor 12.1" Wide XGA TFT | Intel Core 2 Duo T7250 (2.0Ghz) | DDR2 Memory 2048Mb | HDD Seagate 160Gb | WiFi | Card Reader | DVD Dual | 2.0Mpx Camera | Fingerprint | Bluetooth | Windows Vista Business
Price: Rp 9.799.000

Note: Zetta TEN Series - colorful: moonlight black, baby pink, joyful orange, nature green

*All content and specification subject to change without notification. All trademarks are property of the respective owners
*Harga dapat berubah sewaktu - waktu tanpa pemberitahuan
* Jika ada perbedaan spesifikasi produk, produk fisik menjadi acuannya
* Tidak semua barang dalam keadaan ready stock, mohon konfirmasi sebelumnya
* Price Franco Jakarta





Axioo Neon TVR6122 Notebook
Buy It Now



Axioo Neon TVR618P Notebook
Buy It Now



Axioo Neon TVS712PSE Notebook
Buy It Now



Axioo Oris NOA212 Notebook
Buy It Now



Axioo Oris NOC218 Notebook
Buy It Now



Axioo Zetta TEC6122 Notebook
Buy It Now



Axioo Zetta TEN718P Notebook
Buy It Now



Axioo Zetta TLM6122 Notebook
Buy It Now





HP

Berburu Laptop, Dua Kali Dikecewakan AMD

2 12 2007

DELLDell seri Inspiron tahun 1998, laptop pertama tempat saya belajar menggunakan touchpad. Punya kakak yang baru pulang dari Belanda setelah 10 tahun di sana. Katanya harga baru saat itu 3000 USD, trus dia beli bekas 3000 Gulden. Tahun 1998, saya masih SMA kelas 3, bengong aja lihat Linux, dan VMware, dial-up internet, wong Windows 98 saja masih baru banget keluarnya.

GatewayDari 1998 sampai 2002, saya kebanyakan pakai PC. Tahun 2003, saat Suteki berdiri, sehari-hari pakai laptop Gateway (punya Ricky). Cukup berat, tapi layar 12 inch, resolusi 800×600. Agar layarnya terlihat gede, biasanya pinjam monitor 17 inch di lab. Jadi tidak perlu lagi bawa-bawa harddisk dari rumah. Tidak tersedia touchpad, jadi harus mahir dengan joystick. Kalau tidak salah, harganya 4 juta saat itu. Tahun 2006 dijual murah: 1 juta.

SOTECTahun 2004, DMR mulai laris. Bela-belain ke Mangga Dua, Jakarta buat cari laptop 12 inch yang baru, dapatnya merk Sotec. Awalnya terasa asing dengan namanya, tapi setelah nonton sinetron Jepang, ternyata Sotec jg banyak dipakai di sana. Prosesornya AMD, dan belum ada wireless. Beberapa bulan kemudian muncul Twinhead yang mirip banget tapi sudah centrino (Intel dan ada wireless-nya). Dibandingkan dengan Twinhead (punya kakak), Sotec kalah dari speed dan konsumsi baterai, padahal jeroannya sama banget (kecuali prosessor), termasuk baterainya.

ASUSKurun waktu 2004-2005, saya beli beberapa laptop bekas untuk Suteki maupun Codena: Compaq Armada, Compaq Presario, Acer, Hyundai, Dave dan NEC. Saat ini Compaq Armada, Acer dan Dave sudah dijual lagi, Hyundai dan Compaq Presario mati total, NEC masih beroperasi. Untuk laptop baru, terpilih Asus seri M5200 buat Pak Direktur, masih bertahan hingga tulisan ini dibuat.

AXIOOPetualangan belum berakhir, tapi baru saja dimulai. 2006-2007 adalah tahunnya Wearnes, Forsa dan Axioo. Kami hanya memilih yang terbaik, prosesornya Intel, batangannya dari MSI, dan kalau bisa harddisk-nya dari Fujitsu. Hasil pabrikan MSI bentuknya OK, tahan banting, berat masih dapat diterima, dan baterainya murah, tidak sulit dicari. Ada 4 unit Forsa, 6 unit Axioo dan 2 unit Wearnes yang kami beli. Kami juga punya 3 unit Acer (dengan harga setara 2 unit Forsa), tapi salah satunya hilang dicuri orang.

Sony Vaio2007 hampir berakhir, kisah berburu notebook terus berlanjut. Kini lain dari biasanya, dapat Sony Vaio UMPC 4.5″, dan HP Tablet PC TX1221AU 12″, ceritanya mau membiasakan diri pakai touchscreen, menjelang kemunculan Komputer Meja dari Microsoft. Sony Vaio bermesin Intel, dan HP pakai AMD Athlon 64 X2.

Task Manager

Dari Gateway, Sotec, Wearnes, Axioo, dan HP (notebook yang saya pakai 4 tahun terakhir), hanya Sotec dan HP yang prosessornya AMD. AMD memang beda, maksud saya: payah, apalagi bagi yang terbiasa pakai Intel. Katanya sih dual core, tapi dari pengamatan saya terhadap grafik di task manager, tidak terlihat adanya pembagian tugas yang baik, layaknya Core2Duo-nya Intel. Walaupun score-nya (AMD Athlon X2 TK53-1,7GHz) di Vista lebih baik daripada Intel (Core Duo T2050, 1,6GHz), tapi untuk testing extract DMR, AMD sekali lagi…. payah! Sayang sekali, memori sudah 2 GB, HD Fujitsu SCSI 160GB 5400rpm, ada fingerscanner, built-in webcam, stereo mic, altec lansing speaker, lightscribe DVD-RW , touchscreen dan tablet, tapi prosessornya lemot. Jadi iri lihat rekan-rekan yang saya beri Acer dan Axioo. BTW, aneh ya, saya tidak tertarik dan tidak mau beli IBM maupun Toshiba.



Notebook HP 520 Celeron
Intel Celeron M 440M (1.88Ghz, 1Mb, 533Mhz) | Intel 940GML Chipset | 512Mb DDR2 | 80Gb HDD | DVD RW Double Layer | 14.1" WXGA Bright View | Integrated Wireless LAN | NIC, Modem, DOS | Bag | 1 Year Warranty
Rp 5.900.000

Notebook HP 520 Core Duo
Intel Core Duo T2400 (1.83Ghz, 2Mb, 667Mhz) | Intel 945GM Chipset | 512Mb DDR2 | 120Gb HDD | DVD RW Double Layer | 14.1" WXGA Bright View | Integrated Wireless LAN | NIC, Modem, DOS | Bag | 1 Year Warranty
Rp 7.290.000

Notebook HP Presario C733
Intel Celeron M540 (1.86Ghz, 1Mb, 533Mhz) | 512Mb DDR2 | 80Gb HDD | 15.4" Wide Bright View | Intel GMA X3100 up 384Mb | DVD RW Double Layer | Integrated Wireless LAN | Integrated WebCam | 5-in-1 Card Reader | DOS | Bag | 1 Year Warranty
Rp 6.000.000

Notebook HP Presario C736
Intel Core Duo T2330 (1.6Ghz, 2Mb, 667Mhz) | 512Mb DDR2 | 80Gb HDD | 15.4" Wide Bright View | Intel GMA X3100 up 384Mb | DVD RW Double Layer | Integrated Wireless LAN | Integrated WebCam | 5-in-1 Card Reader | DOS | Bag | 1 Year Warranty
Rp 7.000.000

Notebook HP Presario V3613
Intel Core 2 Duo T7250 (2.0Ghz, 2Mb, 800Mhz) | Windows Vista Basic | 512Mb DDR2 | 120Gb HDD | 14.1" Wide Bright View | Intel GMA X3100 up 384Mb | DVD RW Double Layer | Integrated Wireless LAN | Integrated Bluetooth | 5-in-1 Card Reader | Bag | 1 Year Warranty
Rp 9.790.000

Notebook HP Presario V3736
Intel Core 2 Duo T5450 (1.67Ghz, 2Mb, 667Mhz) | 512Mb DDR2 | 120Gb HDD | 14.1" Wide Bright View | Intel GMA X3100 up 384Mb | DVD RW Double Layer | Integrated Wireless LAN | Integrated Bluetooth | Integrated WebCam | 5-in-1 Card Reader | DOS | Bag | 1 Year Warranty
Rp 8.290.000

Notebook HP Presario V3737
Intel Core 2 Duo T7250 (2.0Ghz, 2Mb, 800Mhz) | Windows Vista Basic | 512Mb DDR2 | 120Gb HDD | 14.1" Wide Bright View | Intel GMA X3100 up 384Mb | DVD RW Double Layer | Integrated Wireless LAN | Integrated Bluetooth | Integrated WebCam | 5-in-1 Card Reader | Bag | 1 Year Warranty
Rp 10.290.000

Notebook HP Presario V3738
Intel Core 2 Duo T7500 (2.2Ghz, 4Mb, 800Mhz) | Windows Vista Basic | 512Mb DDR2 | 160Gb HDD | 14.1" Wide Bright View | Intel GMA X3100 up 384Mb | DVD RW Double Layer | Integrated Wireless LAN | Integrated Bluetooth | Integrated WebCam | 5-in-1 Card Reader | Bag | 1 Year Warranty
Rp 11.290.000

Notebook HP Presario A907
Intel Pentium Dual Core T2330 (1.60Ghz, 1Mb, 533Mhz) | 512Mb DDR2 | 160Gb HDD | 17.1" Wide Bright View | Intel GMA 950 up 256Mb | SuperMulti DVD RW Double Layer | Integrated Wireless LAN b/g | Integrated Bluetooth | Integrated WebCam | 5-in-1 Card Reader | DOS | Bag | 1 Year Warranty
Rp 9.590.000

Notebook HP Presario V3803
Intel Core 2 Duo T5550 (1.83Ghz, 2Mb, 667Mhz) | 1Gb DDR2 | 160Gb HDD | 14.1" Wide Bright View | Intel GMA 950 up 256Mb | Supermulti DVD RW Double Layer | Integrated Wireless LAN a/b/g | Integrated Bluetooth | Integrated WebCam | 5-in-1 Card Reader | DOS | Bag | 1 Year Warranty
Rp 8.350.000

Notebook HP Presario V3804
AMD Turion 64 X2 TL-60 (2.0Ghz, 512Kbx2 cache) | 512Mb DDR2 | 80Gb HDD | 14" Wide Bright | Supermulti DVD RW Double Layer | Integrated WebCam | Wireless LAN | Integrated Bluetooth | nVidia Go 7150 up 559Mb | 5-in-1 Card Reader | DOS | Bag | 1 Year Warranty
Rp 6.550.000

Notebook HP Presario B1249
Intel Core 2 Duo T7250 (2.0Ghz, 2Mb, 800Mhz) | 1024Mb DDR2 | 160Gb HDD | 12.1" Wide Bright View | Intel GMA X3100 VRAM | Supermulti DVD RW Double Layer | Integrated Wireless LAN | Integrated Bluetooth | Integrated WebCam & Quickplay | SD Card Reader | NIC Gigabit | DOS | Bag | 1 Year Warranty
US$ 1110

Notebook HP Presario V3725
AMD Turion 64 X2 TL-58 (1.9Ghz, 512Kbx2 Cache) | 1Gb DDR2 | 120Gb HDD | Windows Vista Basic | 14" Wide Bright View | DVD RW Double Layer | Integrated WebCam | Wireless LAN | Bluetooth | nVidia Go 6150 256Mb Shared | 5-in-1 Card Reader | Bag | 1 Year Warranty
Rp 8.750.000

Notebook HP 6520s
Intel Core 2 Duo T5270 (1.4Ghz, 2Mb, 800Mhz) | Windows Vista Business | 512Mb DDR2 | 120Gb HDD | 14.1" WXGA Bright View | Supermulti DVD RW Double Layer | Integrated Wireless LAN | Integrated Bluetooth | SD & MMC Media Reader | Bag | 1 Year Warranty
Rp 9.650.000

Notebook HP 6510b
Intel Core 2 Duo T7100 (1.8Ghz, 2Mb, 800Mhz) | 512Mb DDR2 | 80Gb HDD | DVD/CD RW | 14.1" WXGA | Integrated Wireless LAN | Integrated Bluetooth | 6-in-1 Media Reader | Fingerprint & NIC Gigabit | Firewire | DOS | Bag | 1 Year Warranty
Rp 8.650.000

Notebook HP 6510b
Intel Core 2 Duo T7500 (2.2Ghz, 4Mb, 800Mhz) | Windows Vista Business | 512Mb DDR2 | 160Gb HDD | DVD/CD RW Double Layer | 14.1" Wide XGA | Integrated Wireless LAN | Integrated Bluetooth | 6-in-1 Media Reader | Fingerprint & NIC Gigabit | Bag | 1 Year Warranty
Rp 13.200.000

Notebook HP TC4400
Intel Core 2 Duo T7200 (2.0Ghz, 4Mb, 667Mhz) | Windows XP Tablet | HP ProtectTools | HP Drive Lock | HP Biometric Fingerprint | TPM Embedded Security Chip | Optional Smart Card | 512Mb DDR2 | 80Gb HDD | 12.1" TFT XGA | Ext DVD RW Double Layer | Integrated Bluetooth | Gigabit NIC | SD Card slot | Bag | 3 Year Warranty
US$ 1820

Notebook Hp NW8240
Intel Centrino Mobile (1.8Ghz, 2Mb, 533Mhz) | Windows XP Professional 1Gb DDR2 | 80Gb HDD | DVD RW | Integrated Smart Card Reader | 15.4" TFT WUXGA (1920X1200) | ATI radeon FireGL V5000 128Mb | Integrated Irda & Bluetooth | Gigabit NIC | SD Slot | Bag | 3 Year Warranty
US$ 2210

Notebook HP Pavilion HDX9010
Intel Core 2 Duo T7500 (2.2Ghz, 4Mb Cache, 800Mhz) | Windows Vista Ultimate 64 Bit | 2048Mb DDR2 | 320Gb HDD SATA | HD DVD Rom Supermulti DVD RW Double Layer LS | ATI Redean HD 2600 XT 256Mb DDR3 | 20.1" Wide SXGA Ultra Bright View | Integrated Analog Hybrid TV Tuner | Integrated Bluetooth & Fingerprint | Integrated SubWoofer with 3D Surround | Integrated 1.3MPx WebCam | HP Quick Play & Remote Control | 5-in-1 Card Reader | Bag | 1 Year Warranty
US$ 4020

Notebook HP Pavilion DV9713
Intel Core 2 Duo T7500 (2.2Ghz, 4Mb Cache, 800Mhz) | Windows Vista Premium | 2048Mb DDR2 | 320Gb HDD SATA | 17" Wide Bright View (1440 X 900) | HD DVD Rom DVD RW Double Layer LS | nVidia GeForce 8600GS 512Mb | Integrated Wireless 802.11a/b/g | Integrated Bluetooth & Fingerprint | 5-in-1 Card Reader & WebCam | HP Quick Play & Remote Control | Bag | 1 Year Warranty
US$ 2020

Notebook HP Pavilion DV2724
Intel Core 2 Duo T7500 (2.2Ghz, 4Mb Cache, 800Mhz) | Windows Vista Premium | 2048Mb DDR2 | 250Gb HDD | DVD RW Double Layer Light Scribe | 14.1" WXGA Bright View | nVidia GeForce 8400GS 128Mb | Integrated Bluetooth & Fingerprint | Integrated Wireless 802.11 a/b/g | 5-in-1 Card Reader | Integrated 1.3MPx WebCam | HP Quick Play & HP Remote Control | Bag | 1 Year Warranty
US$ 1679

Notebook HP Pavilion DV2723
Intel Core 2 Duo T7250 (2.0Ghz, 2Mb Cache, 800Mhz) | Windows Vista Premium | 1024Mb DDR2 | 160Gb HDD | 14.1" WXGA Bright View | DVD RW Double Layer Light Scribe | nVidia GeForce 8400GS 128Mb | Integrated Wireless 802.11a/b/g | Bluetooth & Fingerprint | 5-in-1 Card Reader | Integrated 1.3MPx WebCam | HP Quick Play & HP Remote Control | Bag | 1 Year Warranty
US$ 1420

Notebook HP Pavilion TX1308
AMD Turion 64 X2 TL-60 (2.0Ghz, 1Mb, 1600Mhz) | nVidia C51m Chipset | 1Gb DDR2 | 160Gb HDD | Windows Vista Premium | 12.1" Wide Bright Touch Screen | DVD RW Double Layer | Wireless | Bluetooth | nVidia GeForce Go 6150 | 5-in-1 Card Reader | 1.3MPx WebCam | Quick Play & Remote Control | Bag | 1 Year Warranty
US$ 1329

* All content and specification subject to change without notification. All trademarks are property of the respective owners
* Harga dapat berubah sewaktu - waktu tanpa pemberitahuan
* Tidak semua barang dalam keadaan ready stock, mohon konfirmasi sebelumnya
* Price Franco Jakarta


Beli
HP Pavilion dv2723 Notebook
Buy It Now
HP Pavilion dv2723 Notebook

Product Specifications * Processor: Intel Core 2 Duo Processor T7250-2.0GHz (2MB Cache,800MHz FSB) * Memory: 1024MB DDR2 PC5300 (1 keping) * HDD: 160GB HDD (5400 RPM) * Display: 14.1"Wide Bright View * Optical Drive: DVD+RW DL Light Scribe * Bluetooth: Yes * Fingerprint: Yes * WiFi: Integrated 802.11 a/b/g * Firewire: Yes * Card Reader: 5-in-1 Card Reader * HP Quick Play & Remote Control * Webcam:... [ detail ]


Eceran: Rp. 13.270.900,00
Kami: Rp. 13.145.900,00

Beli
HP Pavilion dv9802 Notebook
Buy It Now
HP Pavilion dv9802 Notebook

Product Specifications: * Processor: Intel Core 2 Duo Processor T9300 (2.50 GHz, FSB 800, Cache 6 MB) * Chipset: Intel 965PM * Memory: 2 GB (2x 1 GB) DDR2 SDRAM PC-5300 * Video Type: NVIDIA GeForce 8600 GS 512 MB * Display Size: 17" WXGA TFT * Hard Drive: 320 GB Serial ATA 5400 RPM (2x 160 GB) * Optical Drive: HD DVD/DVDRW * Modem: Integrated * Network Speed: 10 / 100 / 1000 Mbps * Wireless... [ detail ]


Eceran: Rp. 19.906.900,00
Kami: Rp. 19.681.900,00

Beli
HP Pavilion HDX9010 Notebook
Buy It Now
HP Pavilion HDX9010 Notebook

Product Specifications: * Processor:Intel Core 2 Duo Processor T7500-2.2GHz (4MB Cache,800MHz FSB) * Memory: 2048MB DDR2 PC5300 (2 keping) * HDD: 320GB HDD (5400 RPM) Dual Hard Drive * Display: 20.1"Wide SXGA Ultra Bright View * Optical: HD DVD ROM with Supermulti DVD+RW DL * Bluetooth * Integrated 802.11 a/b/g * ATI Mobility Radeon HD2600XT with 256MB DDR3 Dedicated VRAM * Firewire * Card reader: 5-in-1 Card Reader * HP Quick Play &... [ detail ]


Eceran: Rp. 37.849.900,00
Kami: Rp. 37.524.900,00

Toshiba

Toshiba Dynabook Satellite T30



Toshiba Dynabook Satellite T30

Toshiba Jepang hari ini mengumumkan laptop terbaru buatan mereka, Dynabook Satellite T30. Laptop ini ditenagakan oleh prosesor Intel Core 2 Duo T5500 1.60 GHz dengan menggunakan chipset Intel 945GM Express. Selain itu, laptop ini juga mempunyai HD sebesar 80GB, 512MB RAM, dan DVD-combo drive. Supaya harga tetap murah dan terjangkau, laptop ini tidak mempunyai sekuriti pembaca jari, bluetooth, dan lain lain. T30 juga mempunyai 4 x USB 2.0 port, 1 Firewire, Ethernet dan menggunakan sistem operasi Windows XP Professional atau Vista Business Edition.


Toshiba Satellite A200

Satellite A200 merupakan laptop yang didesain untuk menyenangkan semua orang. Laptop ini merupakan laptop yang menggantikan desktop namun ternyata terbukti cukup portabel.



Penutupnya berwarna biru abu-abu yang pastinya sesuai dengan selera pengguna pada umumnya. Yang lebih luar biasa, tepian layarnya berwarna hitam dengan bagian keyboard berwarna perak.



Laptop ini menempatkan port LAN dan modem pada sisi yang berlawanan yang menjadikan pengguna kesulitan karena pada dasarnya kedua port tersebut biasanya diletakkan berdampingan mengingat fungsinya yang sama-sama untuk jaringan. Kemudian terdapat 3 port USB yang mungkin akan dirasa kurang bagi sebagain pengguna namun hal itu akan dapat diatasi dengan hub USB.



Kekurangan yang dirasa pada laptop ini adalah bahwa switch WiFi diletakkan di bawah laptop dimana pengguna tidak dapat melihatnya. Kemudian untuk keyboard sebenarnya cukup nyaman terkecuali tombol enter yang dirasa terlalu kecil. Lalu pengatur volume yang terletak di bagian depan sudah cukup sempurna untuk mengatur suara dengan cepat namun sayangnya putaran pada pengatur tersebut tidak memiliki kunci. Jadi anda dapat terus memutarnya untuk mengecilkan ataupun mengeraskan suara tanpa mengetahui dimana titik akhirnya.



Aspek yang paling menarik dari Satellite A200 adalah disain dari trackpad mouse-nya. Lihat lebih dekat dan anda akan melihat beberapa ikon shortcut tercetak pada permukaannya. Tekan ikon di kanan atas akan menyebabkan ikon-ikon lain bersinar biru. Anda kemudian dapat mengakses ikon-ikon lainnya.



Satellite A200 memiliki layar 15.4" dengan resolusi 1280 x 800 piksel. Mempersenjatai dukungan tampilan, hadir Nvidia GeForce Go 7300 dengan memori 128 MB. Kartu grafis ini juga mendukung sistem TurboCache yang memungkinkan akses ke memori utama hingga mencapai 320 MB.

Toshiba Satellite A135-S4727 (D) Notebook
Buy It Now
Toshiba Satellite A135-S4727 (D) Notebook

Product Specifications: * Processor: Intel Pentium Dual Core Processor T2080 1.73GHz * Display: 15.4" trubite Widescreen WXGA * Video Type: Intel GMA 950 Up to 256MB * Optical: DVD Supermulti * RAM: 2GB DDR2 PC4200 * HDD: 160GB 5400rpm (S.ATA) * Card Reader: 5 In 1 * Modem: Yes * OS: WIndows Vista Home Premium * LAN, Wifi, USB 4X, PCMCIA, S-Video, Built In stereo speakers [ detail ]


Eceran: Rp. 7.768.900,00
Kami: Rp. 7.643.900,00


Toshiba Satellite A205-S4617 (D) Notebook
Buy It Now
Toshiba Satellite A205-S4617 (D) Notebook

Product Specifications: * Processor: Intel Core 2 Duo Processor T5500 1.66GHz * Memory: 2048MB DDR2 PC4200 * HDD: 250GB 4200rpm (S-ATA) * DVD Supermulti * Display: 15.4" Trubrite widescreen WXGA * Card Reader: 5 In 1 card reader * Modem * LAN * Harman/Kardon Speaker * Intel Graphics Media Accelerator 950 Up To 256MB * Intel wireless WIFI link 4965 AGN (802.11a/g/n) * OS: Windows Vista Home Premium * Webcam and microphone built in... [ detail ]


Eceran: Rp. 9.745.900,00
Kami: Rp. 9.620.900,00


Toshiba Satellite A205-S4787 (D) Notebook
Buy It Now
Toshiba Satellite A205-S4787 (D) Notebook

Product Specifications: * Processor: Intel Core 2 Duo Processor T5300 1.73GHz * Display: 15.4" Trubrite widescreen WXGA * Video Type: Intel Graphics Media Accelerator 950 Up to 256MB * Optical Drive: DVD Supermulti * Memory: 2048MB DDR2 PC5300 * HDD: 200GB * Card Reader: 5 In 1 Card Reader * Modem: Yes * WiFi: Intel PRO/Wireless Network connection 3945ABG(802.11a/b/g) * OS: Windows Vista Home Premium... [ detail ]


Eceran: Rp. 9.968.000,00
Kami: Rp. 9.902.900,00


Toshiba Satellite A215-S4697 (D) Notebook
Buy It Now
Toshiba Satellite A215-S4697 (D) Notebook

Product Specifications: * Processor: AMD Turion 64 X2 Dual Core Mobile Technology TL52 1.6GHz * Memory: 1024 MB SDRAM * HDD: 160GB 5400rpm (S-ATA) * Optical Drive: DVD Supermulti * Display: 15.4 Trubite widescreen WXGA * Card Reader: 5 In 1 card reader * Video Type: ATI Radeon X1200 Up To 319MB * WiFi: Atheros 802.11b/g Wireless-LAN * Modem: Yes * OS: Microsoft Windows Vista Home Premium. [ detail ]


Eceran: Rp. 6.748.900,00
Kami: Rp. 6.703.900,00


Toshiba Satellite U305-S2806 (D) Notebook
Buy It Now
Toshiba Satellite U305-S2806 (D) Notebook

Product Specifications: * Processor: Core Duo 1.66 (T5450) * Display: 13.3" WXGA * Video: Intel GMA X3100 Shared 256MB * Optical: DVD Supermulti * RAM: 2GB DDR2 * HDD: 160GB * Card Reader: Yes * Modem: Yes * OS: Vista Home Premium * LAN, Wifi, USB 4X, Firewire, PCMCIA, S-Video, Webcam [ detail ]


Eceran: Rp. 10.779.900,00
Kami: Rp. 10.654.900,00


Toshiba Satellite U305-S5097 (D) Notebook
Buy It Now
Toshiba Satellite U305-S5097 (D) Notebook

Product Details * Processor : + Intel Core Duo Processor T2130 (1.86 GHz, FSB 533, Cache 2 MB) * Memory : + 1 GB DDR2 PC-5300 (Expandable Up To 4 GB with 2 Dimms) * Harddisk : + 160 GB S-ATA (5400 RPM) * Optical Drive : + DVD RW multi-format/dual-layer DVD drive * Screen Size : + 13.3" WXGA TrueBrite TFT (1280 x 800) * Video Adapter : + Intel GMA 950 video card with up to 251 MB of shared memory * Port : + 3x USB, 1x... [ detail ]


Eceran: Rp. 9.576.900,00
Kami: Rp. 9.476.900,00
Notebook Toshiba Satellite L40-N504
Intel Pentium Dual Core Processor T2330 (1.6Ghz, 1Mb L2 Cache, 533Mhz FSB) with Intel 64 bit Architecture | 512Mb DDR2 SDRAM expandable to 2048Mb | 80Gb SATA HDD with shock absorbers | DVD SuperMulti Double Layer Drive (DVD RW/RAM) | 15.4" WXGA Clear SuperView TFT Display | Intel Graphics Media Accelerator X3100 up to 251Mb of shared video memory | 3-in-1 Card Reader | 3 x USB | 10/100Mbps Ethernet LAN | Integrated 802.11 b/g | 2.7Kg with Matt Onyx Blue Chassis | 1 Year carry-in International Limited Warranty (Parts & Labor)
Price: US$704

Notebook Toshiba Satellite L200-N401D
Intel Pentium Dual Core Processor T2310 (1.46Ghz, 1Mb L2 Cache, 533Mhz FSB) with Intel 64 bit Architecture; Intel PRO/Wireless 3945ABG; Network Connection 802.11 b/g; Intel 960GL Express Chipset | 512Mb DDR2 SDRAM | 120Gb SATA HDD with shock absorbers | DVD SuperMulti (DVD RW/RAM) | 14" WXGA Clear SuperView TFT Display | Intel Graphics Media Accelerator X3100 up to 251Mb of shared VRAM | Bluetooth V2.0+EDR | 2.6Kg with Matt Onyx Blue Chassis | 1 Year carry-in International Limited Warranty (Parts & Labor)
Price: US$704

Notebook Toshiba Satellite L200-N402
Intel Pentium Dual Core Processor T2330 (1.6Ghz, 1Mb L2 Cache, 533Mhz FSB) with Intel 64 bit Architecture | 512Mb DDR2 SDRAM expandable to 2048Mb | 120Gb SATA with shock absorbers | DVD SuperMulti Double Layer Drive (DVD RW/RAM) | 14.1" WXGA (200NIT) Clear SuperView TFT Display | Intel Graphics Media Accelerator X3100 up to 251Mb of shared video memory | 10/100Mbps Ethernet LAN | Integrated 802.11 b/g | 2.2Kg with Metalik Onyx Blue Chassis | 1 Year carry-in International Limited Warranty (Parts & Labor)
Price: US$754

Notebook Toshiba Satellite M200-E4110
Intel Centrino Duo Processor Technology: Intel Core 2 Duo Processor T5450 (1.66Ghz, 2Mb L2 Cache, 667Mhz FSB), Intel 965GM Express Chipset, Intel PRO/Wireless 3945ABG; Network Connection 802.11 a/g | Genuine Windows Vista Home Basic Edition | 512Mb DDR2 SDRAM Expandable to 4096Mb | 120Gb SATA HDD with shock absorbers | DVD SuperMulti Double Layer Drive (DVD RW/RAM) | 14.1" WXGA (200NIT) Clear SuperView TFT Display | Intel Graphics Media Accelerator X3100, up to 358Mb of shared video memory | 1.3MPx Web Camera | 5-in-1 Card Reader | 10/100Mbps Ethernet LAN | 2.26Kg with Glossy Onyx Blue Chassis | 1 Year carry-in International Limited Warranty (Parts & Labor)
Price: US$1004

Notebook Toshiba Satellite M200-A415D
Intel Centrino Duo Processor Technology: Intel Core 2 Duo Processor T5450 (1.66Ghz, 2Mb L2 Cache, 667Mhz FSB), Intel PRO/Wireless 3945ABG; Network Connection 802.11 a/g, Intel 945PM Express Chipset | Genuine Windows Vista Home Basic Edition | 1Gb DDR2 SDRAM | 120Gb (120Gbx2) SATA HDD with shock absorber | DVD SuperMulti Drive (DVD RW/RAM) with labelFlash Technology | 14.1" WXGA TFT Clear SuperView Display | Intel GMA X3100 up to 358Mb shared VRAM | Built-in 1.3MPx WebCam | Bluetooth V2.0 w/ Enhanced Data Rate | 5-in-1 Card Reader | 2.26Kg with Glossy Onyx Blue Chassis | 1 Year carry-in International Limited Warranty (Parts & Labor)
Price: US$1094

Notebook Toshiba Satellite M200-E418
Intel Centrino Duo Processor Technology: Intel Core 2 Duo Processor T5450 (1.66Ghz, 2Mb L2 Cache, 667Mhz FSB), Intel 965GM Express Chipset, Intel PRO/Wireless 3945ABG; Network Connection 802.11 a/b/g | Genuine Windows Vista Home Basic Edition | 512Mb DDR2 SDRAM | 160Gb SATA HDD with shock absorbers | DVD SuperMulti Drive (DVD RW/RAM) with LabelFlash | 14.1" WXGA TFT Clear SuperView Display | Intel Graphics Media Accelerator X3100, up to 358Mb of shared vRAM | Built-in 1.3MPx Web Camera | 4 x USB | 5-in-1 Card Reader | 2.26Kg with Glossy Onyx Blue Chassis | 1 Year carry-in International Limited Warranty (Parts & Labor)
Price: US$1104

Notebook Toshiba Satellite M200-E433
Intel Centrino Duo Processor Technology: Intel Core 2 Duo Processor T7250 (2.0Ghz, 2Mb L2 Cache, 800Mhz FSB), Intel 965GM Express Chipset, Intel PRO/Wireless 3945ABG; Network Connection 802.11 a/b/g | Genuine Windows Vista Home Premium Edition | 512Mb DDR2 SDRAM | 160Gb SATA HDD with shock absorbers | DVD SuperMulti Double Layer Drive with labelFlash Technology | 14.1" WXGA (200NIT) TFT Clear SuperView Display | Intel Graphics Media Accelerator X3100, up to 358Mb of shared vRAM | Fingerprint Security Suite | 1.3MPx Web Camera | Bluetooth V2.0 w/ Enhanced Data Rate | 10/100/1000Mbps Gigabit LAN | 5-in-1 Card Reader | 4 x USB 2.0 | 2.26Kg with Glossy Onyx Blue Chassis | 1 Year carry-in International Limited Warranty (Parts & Labor)
Price: US$1204

Notebook Toshiba Satellite A200-E531
Intel Centrino Duo Processor Technology: Intel Core 2 Duo Processor T5300 (1.73Ghz, 2Mb L2 Cache, 533Mhz FSB), Intel PRO/Wireless 3945ABG; Network Connection 802.11 a/g, Intel 945PM Express Chipset | Genuine Windows Vista Home Premium Edition | 512Mb DDR2 SDRAM | 240Gb (120Gbx2) SATA HDD | DVD SuperMulti (DVD RW/RAM) Drive with labelFlash Technology | 15.4" WXGA Clear SuperView TFT Display | nVidia GeForce Go 7300, ext 128Mb up to 384Mb VRAM | Built-in 1.3MPx WebCam | Bluetooth V2.0 w/ Enhanced Data Rate | 5-in-1 Card Reader | 4 x USB 2.0 | Integrated Fingerprint Reader | Human/Kardon Stereo Speakers | 2.72Kg with Glossy Onyx Blue Chassis | 1 Year carry-in International Limited Warranty (Parts & Labor)
Price: US$1154

Notebook Toshiba Satellite M200-E4111
Intel Centrino Duo Processor Technology: Intel Core 2 Duo Processor T5550 (1.83Ghz, 2Mb L2 Cache, 667Mhz FSB), Intel 965GM Express Chipset, Intel PRO/Wireless 3945ABG; Network Connection 802.11 a/g | Genuine Windows Vista Home Basic Edition | 512Mb DDR2 SDRAM expandable to 4096Mb | 160Gb SATA HDD with shock absorber | DVD SuperMulti Double Layer Drive (DVD RW/RAM) with labelFlash Technology | 14.1" WXGA (200NIT) Clear SuperView TFT Display | Intel Graphics Media Accelerator X3100, up to 358Mb of shared VRAM | 1.3MPx WebCam | Bluetooth V2.0 w/ Enhanced Data Rate | 5-in-1 Card Reader | 10/100Mbps Ethernet LAN | 2.26Kg with Glossy Onyx Blue Chassis | 1 Year carry-in International Limited Warranty (Parts & Labor)
Price: US$1154

Notebook Toshiba Satellite M200-E4311
Intel Centrino Duo Processor Technology: Intel Core 2 Duo Processor T8100 (2.1Ghz, 3Mb L2 Cache, 800Mhz FSB), Intel 965PM Express Chipset, Intel PRO/Wireless 3945ABG Network Connection 802.11 a/g | Genuine Windows Vista Home Premium Edition | 1024Mb DDR2 SDRAM Expandable to 4096Mb | 160Gb SATA HDD with shock absorbers | DVD SuperMulti Double Layer Drive (DVD RW/RAM) with LabelFlash Tech | 14.1" WXGA (200NIT) Clear SuperView TFT Display | Intel Graphics media Accelerator X3100, up to 358Mb of Shared video memory | 1.3MPx Web Camera | Fingerprint Security Suite | 5-in-1 Card Reader | Bluetooth V2.0 w/ Enhanced Data Rate | 10/100/1000Mbps Gigabit LAN | 2.26Kg with Glossy Onyx Blue Chassis | 1 Year carry-in International Limited Warranty (Parts & Labor)
Price: US$1304

Notebook Toshiba Satellite M200-P436
Intel Centrino Duo Processor Technology: Intel Core 2 Duo Processor T8300 (2.46Ghz, 3Mb L2 Cache, 800Mhz FSB), Intel 965PM Express Chipset, Intel PRO/Wireless 3945ABG; Network Connection 802.11 a/g | Genuine Windows Vista Home Premium Edition | 1024Mb DDR2 SDRAM Expandable to 4096Mb | 200Gb SATA HDD with shock absorbers | DVD SuperMulti Double Layer Drive (DVD RW/RAM) with LabelFlash Tech | 14.1" WXGA (200NIT) Clear SuperView TFT Display | ATI Mobility RadeonTM HD 2400 up to 895Mb of HyperMemory (ext 128Mb VRAM) | 1.3MPx Web Camera | Fingerprint Security Suite | Harman/Kardon Stereo Speakers | 5-in-1 Card Reader | Bluetooth V2.0 w/ EDR | 10/100/1000Mbps Gigabit LAN | 2.26Kg with Glossy Onyx Blue Chassis | 1 Year carry-in International Limited Warranty (Parts & Labor)
Price: US$1504

Notebook Toshiba Satellite A200-P534
Intel Centrino Duo Processor Technology: Intel Core 2 Duo Processor T7250 (2.0Ghz, 2Mb L2 Cache, 800Mhz FSB), Intel PRO/Wireless 3945ABG; Network Connection 802.11 a/g, Intel 965PM Express Chipset | Genuine Windows Vista Home Premium Edition | 1024Mb DDR2 SDRAM expandable to 4096Mb | 320Gb (160Gbx2) SATA HDD with shock absorber | DVD SuperMulti Double Layer Drive (DVD RW/RAM) with LabelFlash Technology | 15.4" WXGA Clear SuperView TFT Display | ATI Mobility Radeon HD 2400 up to 895Mb of HM (ext 128Mb VRAM) | 1.3MPx WebCam | Fingerprint Security Suite | Harman/Kardon Stereo Speakers | Bluetooth V2.0 w/ Enhanced Data Rate | 5-in-1 Card Reader | 10/100/1000Mbps Gigabit LAN | 2.72Kg with Glossy Onyx Blue Chassis | 1 Year carry-in International Limited Warranty (Parts & Labor)
Price: US$1504

Notebook Toshiba Satellite A200-HD532
Intel Centrino Duo Processor Technology: Intel Core 2 Duo Processor T7500 (2.2Ghz, 4Mb L2 Cache, 800Mhz FSB), Intel PRO/Wireless 3945ABG; Network Connection 802.11 a/g, Intel 965PM Express Chipset | Genuine Windows Vista Home Premium Edition | 2Gb (1Gb x 2) DDR2 SDRAM | 400Gb (200Gbx2) SATA HDD with shock absorber | HD DVD-ROM with DVD Supermulti drive | 15.4" WXGA Clear SuperView TFT Display | ATI Mobility Radeon HD 2600, external 256Mb VRAM, up to 512Mb HM | Built-in 1.3MPx WebCam | Fingerprint Security Suite | Bluetooth V2.0, 10/100/1000Mbps Gigabit LAN, 4 x USB 2.0 | Harman/Kardon Stereo Speakers, 16-bit stereo with Intel HD Audio Support | 2.72Kg with Glossy Onyx Blue Chassis | 1 Year carry-in International Limited Warranty (Parts & Labor)
Price: US$2104

Notebook Toshiba Portege M600-E344
Intel Centrino Duo Processor Technology: Intel Core 2 Duo Processor T7250 (2.0Ghz, 2Mb L2 Cache, 800Mhz FSB), Intel 965PM Express Chipset, Intel PRO/Wireless 3945ABG; Network Connection 802.11 a/b/g | Genuine Windows Vista Home Premium Edition | 1Gb DDR2 SDRAM | 160Gb SATA HDD with shock absorbers | DVD SuperMulti Dual (DVD RW/RAM) with LabelFlash Technology | Intel GMA X3100 up to 358Mb of shared VRAM | 13.3" WXGA (200NIT) TFT CSV Display | 1.3MPx Web Camera | Integrated Bluetooth V2.0 w/ EDR | 5-in-1 Card Reader | 3 x USB 2.0 | Integrated Fingerprint Reader | 1.99Kg with Glossy Pearl White Chassis | 3 Year carry-in International Limited Warranty (Parts & Labor)
Price: US$1504

Notebook Toshiba Qosmio G30-301E
Intel Centrino Duo Mobile Processor Technology: Intel Core 2 Duo Processor T7200 (2.0Ghz, 4Mb L2 Cache, 667Mhz FSB), Intel PRO/Wireless 3945ABG; Network Connection 802.11 a/b/g, Intel 945PM Express Chipset | Genuine Windows XP Media Center Edition | 350NIT (2 lamps) 17.0" WUXGA Clear SuperView TFT Display | Buit-in TV Tuner, Remote Control & QosmioPlayer for instant-on entertainment | QosmioEngine for advanced video experience | harman/kardon speakers with bass-reflex technology | World's first 1-bit digital amplifier for astonishing high fidelity | Dolby Home Theater surround sound support | Toshiba software RAID technology (RAID-1 Support) | 1024Mb DDR2 SDRAM | 200Gb (100+100Gb) Serial-ATA HDD with shock absorber | HD DVD-Rom Drive (DVD RW/RAM) | nVidia GeForce Go7300 with 256Mb VRAM | Integrated Bluetooth | 5-in-1 Card Reader | HDMI and S/PIF ports | Integrated Fingerprint sensor with Single Sign-on | Innovative Dual Mad Pad | 1 Year carry-in International Limited Warranty (Parts & Labor)
Price: US$2504

Notebook Toshiba Qosmio G40-P730
Intel Centrino Duo Processor Technology: Intel Core 2 Duo Processor T7300 (2.0Ghz, 4Mb L2 Cache, 800Mhz FSB), Intel PRO/Wireless 3945ABG; Network Connection 802.11 a/g, Intel 965PM Express Chipset | Genuine Windows Vista Home Premium Edition | 2048Mb DDR2 SDRAM | 300NIT (2 lamps) 17.0" WUXGA Clear SuperView TFT Display | Buit-in Digital/Analog TV Tuner & Remote Control | 4 x harman/kardon speakers with SubWoofer & bass-reflex technology | World's first 1-bit digital amplifier for high fidelity sound | Dolby Home Theater surround sound support | 1Gb Intel Turbo Memory | 400Gb (200+200Gb) Serial-ATA HDD with shock absorber | HD DVD Writer (DVD RW/RAM) | nVidia GeForce 8600M GT up to 1279Mb TC Memory | Integrated 2.0MPx WebCam | Built-in Bluetooth V2.0 | 5-in-1 Card Reader | Integrated Fingerprint security suite | 1 Year carry-in International Limited Warranty (Parts & Labor)
Price: US$3504

Untuk memastikan notebook Toshiba anda bukan barang rekondisi dan bergaransi resmi, temukan 3 kelengkapan:
1. Stiker hologram PT. Aneka Infokom Tekindo di kartu garansi International Limited Waranty
2. Manual Bahasa Indonesia di dalam kemasan Notebook Toshiba
3. Stiker hologram Autorized Sales Toshiba Singapore Pte Ltd di bagian bawah Notebook Toshiba

* All content and specification subject to change without notification. All trademarks are property of the respective owners
* Harga dapat berubah sewaktu - waktu tanpa pemberitahuan
* Tidak semua barang dalam keadaan ready stock, mohon konfirmasi sebelumnya
* Price Franco Jakarta

Acer

Berapa harga Acer Ferrari 4006 (WLMi) second?


Ada sebuah komentar yang masuk pada blog saya tentang berapa harga second untuk Laptop Ferrari seri 4000, tepatnya 4006 di halaman perkumpulan Acer aspire.

komentar tersebut adalah sebagai berikut:

“Aku punya ferrari 4006 yg Turion 64 bit, masih garansi dan kondisinya mulus.
mau aku lepas nih, as soon as possible, karena aku mau cari yg lebih ringan buat di bawa ke tengah utan :D
mas, kira-kira berapa ya harga pasarannya? sudah ada beberapa orang yg nawar, tapi saya bingung nentuin harganya :)
thank;s atas bantuannya..”

Jujur saja, saya tidak tahu harga pasti Laptop tersebut. Soalnya untuk menentukan harga second suatu barang tentu harus tahu harga baru barang tersebut dan tentu juga melihat sudah berapa lama digunakan. baiklah akan saya cek harga laptop tersebut. pertama saya buka situs Acer Indonesia yang beralamat di http://www.acer.co.id (nggak bisa dibuka dengan alamat http://acer.co.id, harus pakai www), ternyata barang yang dicari (Ferrari 4006) nggak ketemu. wah kayaknya barang baru nih :) Saya lanjutkan ke website Acer regional yang lainnya (mulai dari Acer Malaysia, Australia, Canada, dll), tapi tetap juga nggak ada.

kemudian saya buka situs bhinneka.com, ternyata disana juga nggak ada. jangankan harganya, barangnya saja nggak ada :)
Duh, gile bener dah.. masak di web nya nggak ada barang yang dicari :) Terpaksa pakai om google nyari data-data tentang Laptop ini. mulai deh masukin kata kunci “ferrasi 4006″ (tanpa tanda kutip). di baris kedua ada hal yang dicari. saya lalu menuju ke sini. disitu dijelaskan bahwa Ferrari 4006 ini memiliki kode “Acer Ferrari 4006 WLMi 64bit”. setelah mengetahui kode “WLMi”, pencarian pun diteruskan agar lebih detail dengan memasukkan kata kunci pada om google “Ferrari 4006 WLMi“. akhirnya didapat beberapa link yang dapat dijadikan suatu acuan.

Link 1 pcworld.idg.com.au, menyatakan bahwa harganya adalah: $3999

hmmm … kalau di konversikan ke Rupiah (9.250) maka harganya adalah

Rp. 36.990.750


Pilih Laptop #1


Saat nonton pameran kemarin di dua tempat, yaitu di BEC lantai paling atas (tempat makan) dan BeMall (Festival Komputer Indonesia), ada perbedaan penting. Yaitu di BEC sepi tapi di BeMall ramai. Selain faktor peserta juga luas tempat pamerannya. Lebih luas di BeMall. Ada yang baru ? Kali ini kulihat ada brosur laptop merk Asus yang menyematkan layar QVGA di sisi luar layar. Mirip kayak Comunicator, yang ada internal & eksternal display.

Lainnya, adalah mulai turunnya laptop Celeron. Harga kisaran untuk Celeron Acer sekitar 5,0 juta, BenQ sekitar 4,5 juta, Compaq Presario 4,6 juta, Axioo tetep 3,999 juta. Kisaran Pentium M & Turion ML (belumX2) sekitar 5,0 s/d 5,9 juta-an. Waktunya beli ?

Notebook Acer Aspire 4315-200508Mi
Acer Aspire 4315-200508Mi~ Intel Celeron M Processor 550 (2.0Ghz, FSB 533, Cache 1Mb)
~ Chipset Intel 960GL
~ Memory 512Mb DDR2 SDRAM PC4200
~ Video Type: Intel Graphics Media Accelerator X3100 358Mb (Shared)
~ Monitor 14.1" WXGA TFT
~ HDD 80Gb 4200rpm
~ DVD RW
~ Integrated Modem
~ Network Speed: 10/100Mbps
~ Wireless Network: InviLink 802.11BG (IEEE 802.11b, IEEE 802.11g)
~ Interface Provided: 3x USB 2.0, VGA, LAN, Audio
~ OS: Linux
~ Dimension (WHD): 344 x 42 x 246 mm
~ Berat: 2.6 kg
Harga: Rp 5.400.000

Notebook Acer Aspire 4720Z-3A0512Mi
Acer Aspire 4720Z-3A0512Mi~ Intel Pentium Dual Core Processor T2330 (1.73Ghz, 1Mb L2, 533 FSB)
~ Memory 512Mb DDR2 SDRAM PC5300
~ Video Type: Intel Graphics Media Accelerator X3100 with up to 358Mb (Shared)
~ Monitor 14.1" WXGA TFT
~ HDD 120Gb 5400rpm
~ DVD RW
~ Integrated Modem
~ Integrated Networking
~ Network Speed 10/100/1000Mbps
~ Wireless Network Type: InviLink 802.11BG
~ Wireless Network Protocol IEEE 802.11b, IEEE 802.11g)
~ Interface Provided: 3x USB 2.0, VGA, LAN, Audio
~ Integrated Bluetooth
~ OS: Linux
~ Dimension (WHD): 344 x 42 x 246 mm
~ Integrated Crystal Eye WebCam
~ Berat: 2.6 kg
Harga: Rp 6.300.000

Notebook Acer Aspire 4920-5A0516Mi
Acer Aspire 4920-5A0516Mi~ Intel Core 2 Duo Processor T5550 (1.83Ghz, FSB 667, Cache 2Mb)
~ Chipset Intel 945PM
~ Memory 512Mb DDR2 SDRAM PC4200
~ Video Type: Intel Graphics Media Accelerator X3100 358Mb (Shared)
~ Monitor 14.1" WXGA TFT
~ HDD 160Gb 5400rpm
~ DVD RW
~ Integrated Modem
~ Network Speed 10/100/1000Mbps
~ Wireless Network Type: Intel PRO/Wireless 3945ABG (IEEE 802.11a, IEEE 802.11b, IEEE 802.11g)
~ Wireless Bluetooth Integrated
~ Card Reader: SD, MMC, Memory Stick / Stick PRO, xD-Picture Card
~ Interface Provided: 4 x USB 2.0, Firewire, VGA, LAN, Audio
~ Camera Acer Crystal Eye WebCam
~ OS: Linux
~ Dimension (WHD): 344 x 42 x 246 mm
~ Berat: 2.6 kg
Harga: Rp 7.650.000

Notebook Acer Aspire 4315-100508Mi
Intel Celeron Mobile Processor 540 (1Mb L2 Cache 1.86Ghz, 533Mhz FSB) - Mobile Intel GL 960 Express Chipset | 14.1" Widescreen Acer Crystalbright XGA TFT Display | 80Gb HDD | 512Mb DDR2 | DVD Super Multi Double Layer Drive | Integrated Wireless LAN 802.11b/g | Crystal Eye WebCam with Acer PrimaLite Technology | Linux Operating System
Price: US$565

Notebook Acer Aspire 4710-4A1G12Mi
Intel Core Duo mobile Processor Technology, featuring: Intel Core Duo mobile processor T2450 (2Mb L2 Cache, 2.0Ghz, 533Mhz FSB), Mobile Intel 945GM Express chipset | Genuine Windows Vista Home Premium | 14.1" WXGA Acer CrystalBrite TFT LCD Display | 120Gb HDD SATA | 1Gb DDR2 | DVD Super Multi Drive | Integrated Bluetooth | Integreted Wireless LAN 802.11b/g | 5-in-1 Media Reader | Express Card /54 Slot, IEEE 3945 port | Crystal Eye Webcam with Acer PrimaLite technology | Dolby certified surround sound system
Price: US$789

Notebook Acer Aspire 4920-5A0516Mi
Intel Centrino Duo Mobile processor technology, featuring: Intel Core 2 Duo Mobile Processor T5550 (2Mb L2 Cache, 1.83Ghz, 667Mhz FSB) - Mobile Intel 965 Express Chipset - Intel PRO/Wireless 3945ABG Network Connection | 14.1" WXGA Acer CrystalBrite TFT LCD Display | 160Gb HDD SATA | 512Mb DDR2 | DVD Super Multi Double Layer Drive | Integrated Bluetooth | 5-in-1 Media Reader | ExpressCard /54 slot, IEEE 3945 port | Crystal Eye Webcam with Acer PrimaLite technology | Dolby certified surround sound system | Linux Operating System
Price: US$819

Notebook Acer Aspire 2920-5A1G16Mi
Intel Centrino Duo Mobile processor technology, featuring: Intel Core 2 Duo Mobile Processor T5550 (2Mb L2 Cache, 1.83Ghz, 667Mhz FSB) - Mobile Intel 965GM Express Chipset - Intel PRO/Wireless 3945ABG Network Connection | 12.1" WXGA Acer CrystalBrite TFT LCD Display | 160Gb HDD SATA | 1Gb DDR2 | DVD Super Multi Double Layer Drive | Integrated Bluetooth | 5-in-1 Media Reader | ExpressCard /54 slot, IEEE 3945 port | Crystal Eye Webcam with Acer PrimaLite technology | Dolby Certified Surround Sound System | Linux Operating System
Price: US$929

Notebook Acer Aspire 5920-602G25Mi
Intel Centrino Duo Mobile processor technology - Intel Core 2 Duo Processor T7500 (4Mb L2 Cache, 2.2Ghz, 800Mhz FSB) - Intel 965PM Express Chipset with nVidia GeForce 8600GT with up to 1Gb DDR3 | Genuine Windows Vista Home Premium | 15.4" WXGA Acer CrystalBrite TFT LCD Display | 250Gb HDD | 2 x 1Gb DDR2 | DVD Super Multi Double Layer Drive | Integrated Acer Crystal Eye WebCam | Dolby Certified Surround Sound System | Microsoft Office ready 2007 (60 days trial) | Bluetooth 2.0+EDR
Price: US$1449

Notebook Acer Travelmate 6292-301G25Mi
Intel Centrino Duo Mobile Processor Technology - Intel Core 2 Duo Processor T7300 (4Mb L2 Cache, 2.0Ghz, 800Mhz FSB) - Intel 965GM Express Chipset - Intel PRO/Wireless 4965AGN Network Connection | Genuine Windows Vista Business | 12.1" WXGA Acer CrystalBrite TFT LCD Display | 250Gb HDD with DASP Technology | 2 x 512Mb DDR2 | DVD Super Multi Double Layer Drive | Integrated Bluetooth 2.0+EDR | 5-in-1 Media Reader | Crystal Eye Webcam with Acer PrimaLite | Acer Bio-protection fingerprint solution | Microsoft Office Ready 2007 (60 days trial)
Price: US$1249

Notebook Acer Travelmate 6492-602G25Mi
Intel Centrino Pro Mobile Processor Technology - Intel Core 2 Duo Processor T7500 (4Mb L2 Cache, 2.3Ghz, 800Mhz FSB) - Intel 965GM Express Chipset - Intel Wireless WiFi Link 4965AG | Genuine Windows Vista Business | 14.1" WXGA Acer CrystalBrite TFT LCD Display | 250Gb HDD with DASP Technology | 2 x 1Gb DDR2 | DVD Super Multi Double Layer Drive Hot-Swappable| Integrated Bluetooth 2.0+EDR | 5-in-1 Media Reader | Crystal Eye Webcam with Acer PrimaLite | Acer Bio-protection fingerprint solution | Microsoft Office Ready 2007 (60 days trial)
Price: US$1459

Notebook Acer Ferrari 1100-552G16Mn
AMD Turion 64X2 Dual Core M Technology TL-62 - (512Kb x2 L2 Cache, 2.1Ghz) - AMD M690T Chipset - Acer InviLink Nplify 802.11a/b/g/Draft-N WiFi Certified Network Connection | Genuine Windows Vista Home Premium | 12.1" WXGA Acer CrystalBrite TFT LCD Display | 160Gb HDD with DASP Technology | 2 x 1Gb DDR2 | DVD Super Multi Double Layer Drive | Integrated Acer Crystal Eye WebCam | Acer Bio-Protection Fingerprint Solution | Dolby Certified Surround Suond System | 5-in-1 Media Reader | ExpressCard /54 slot | Microsoft Office Ready 2007 (60 days trial)
Price: US$1549

Notebook Acer Ferrari 1100-702G25Mn
AMD Turion 64X2 Dual Core M Technology TL-66 - (512Kb x2 L2 Cache, 2.3Ghz) - AMD M690T Chipset - Acer InviLink Nplify 802.11a/b/g/Draft-N, WiFi Certified Network Connection | Genuine Windows Vista Ultimate | 12.1" WXGA Acer CrystalBrite TFT LCD Display | 250Gb HDD with DASP Technology | 2 x 1Gb DDR2 | DVD Super Multi Double Layer Drive | Integrated Acer Crystal Eye WebCam | Acer Bio-Protection Fingerprint Solution | Dolby Certified Surround Suond System | 5-in-1 Media Reader | ExpressCard /54 slot | Microsoft Office Trial 2007 (60 days)
Price: US$1999

Notebook Acer Aspire 4720Z-2A0508Mi
Intel Pentium Dual Core Processor T2330 (1.6Ghz, 533Mhz FSB, 1Mb L2 Cache) | 14.1" WXGA Acer CrystalBrite TFT LCD Display | 80Gb HDD | 512Mb DDR2 | DVD Super Multi Double Layer | Integrated Acer Crystal Eye Webcam with Acer PrimaLite technology | Integreted Wireless LAN 802.11b/g | 3 USB ports | Mobile Intel Graphics Media Accelerator X3100 | Linux Operating System
Price: US$649

Notebook Acer Aspire 4520 - 500508Mi
AMD Turion 64 X2 Mobile Technology TL-60 (2.0Ghz) | 14.1" WXGA Acer CrystalBrite TFT LCD Display | 512Mb DDR2 | 80Gb HDD | DVD Super Multi Double Layer Drive | Integrated Wireless LAN 802.11b/g | Bluetooth | 5-in-1 Media Reader | ExpressCard /54 slot; IEEE 3945 port | Integreted Acer Crystal Eye WebCam | Acer PrimaLite technology | nVidia GeForce 7000M | Dolby certified surround sound system | linux Operating System
Harga US$669

Notebook Acer Aspire 4710 - 4A1G12Mi
Intel Centrino Duo Mobile Technology; Intel Core Duo Processor T2450 (2Mb L2 Cache, 2.06Ghz, 533Mhz FSB); Intel 945GM Express Chipset, Intel PRO/Wireless 3945ABG | WiFi Certified Network Connection | Supporting Acer SignalUp wireless technology | 14.1" WXGA Acer CrystallBrite TFT LCD Display | 2x512Mb DDR2 | 120Gb HDD | DVD Super Multi drive | Integrated Wireless LAN 802.11b/g | 5-in-1 Media Reader | ExpressCard/54 slot; IEEE3945 port | Integrated Acer Crystal Eye Webcam Supporting enhanced Acer PrimeLite technology | Dolby certified Surround Sound System | Genuine Windows Vista Home Premium
Harga US$789

Notebook Acer TravelMate 4720 - 601G25Mn
Intel Centrino Duo Mobile Processor Technology, featuring: - Intel Core 2 Duo Mobile processor T7500 (4Mb L2 Cache, 2.2Ghz, 800Mhz FSB) - Mobile Intel PM965 Express Chipset - Intel PRO/Wireless 3945ABG Network Connection (Dual-band tri-mode 802.11a/b/g) WiFi Certified solution - | 2x512Mb DDR2 | 250Gb HDD with DASP (Disk Anti Shock Protection) | DVD Super Multi double-layer | 14.1" WXGA Acer CrystalBrite TFT LCD | Dolby certified surround sound system | integreted Acer Crystal Eye webcam supporting Acer PrimaLite technology | Bluetooth 2.0+EDR | 5-in-1 card reader, IEEE 1394 port | Genuine Windows Vista Business | Microsoft Office 2007 trial (60 days)
Harga US$1149

Notebook Acer Aspire 4920G-601G25Mn
Intel Centrino Duo Mobile Technology: - Intel Centrino Duo Mobile Technology: - Intel Core 2 Duo Processor T7500 (4MB L2 Cache, 2.2GHz, 800MHz FSB), Intel 965PM Express Chipset, Intel PRO/Wireless 3945ABG Network Connection (Dual-band tri-mode 802.11a/b/g | 14.1" WXGA Acer CrystalBrite TFT LCD Display | 1Gb DDR2 | 250Gb HDD | DVD Super Multi Double Layer | ATI Mobile Radeon HD 2400 XT with up to 768Mb of HyperMemory (256Mb of dedicated GDDR2 VRAM up to 512Mb of shared system memory) | Integrated Acer Crystal Eye Webcam supporting Acer PrimaLite technology | Dolby certified surround sound system | Bluetooth 2.0+EDR | 5 in 1 Card Reader | Genuine Windows Vista Home Premium | Microsoft Office 2007 (60 days)
Harga US$1229

Notebook Acer Aspire 9125 WLHI
Intel Centrino Duo Mobile Processor Technology: Intel Core 2 Duo Processor T7200 (4MB L2 Cache, 2.0GHz, 667MHz FSB), Intel 945PM Express Chipset, Intel PRO/Wireless 3945ABG Network Connection (Dual-band tri-mode 802.11a/b/g) | 15.4" WXGA high-brightness Acer CrystalBrite TFT LCD Display | 2 x 512Mb DDR2 | 120Gb HDD | HD DVD Room Drive | nVidia GeForce Go 7600 with 256Mb | Acer Video Conference : Acer OrbiCam (1.3Mpx CMOS camera) + Acer Bluetooth VoIP phone and Acer Bluetooth VoIP Phone Built-in TV Tuner ; Built-in Acer 3DSonic Stereo Speaker and one Acer BesSonic Subwoofer | 5-in-1 Card Reader | Bluetooth 2.0 | Gigabit Ethernet | 56KITU V.92 Modem | Genuine Windows Media Center | Lithium Battery PackIntel Centrino Duo Mobile Technology
Harga US$2599

Notebook Acer Ferrari 1100-551G16Mn
AMD Turion 64X2 Mobile Technology TL-62 (2.1Ghz, 2x512Kb L2 Cache): Dual Core processing, simultaneous 32 and 64 bit Windows competible support; AMD PowerNow, AMD Hyper Transport and Enhanced Virus Protection technology | 12.1" WXGA high-brightness (200nit) Acer CrystalBrite TFT LCD Display | 250Gb HDD with DASP Technology | 2 x 1Gb DDR | DVD Super Multi Double Layer Drive (Internal) | Integrated Acer Crystal Eye WebCam Supporting enhanced Acer PrimaLite Technology | 5-in-1 Media Reader | Integrated Bluetooth, IEEE 1394 port | ExpressCard /54 slot | Acer Bio-Protection Fingerprint solution | Dolby certified surround sound system | Genuine Windows Vista Home Premium | Microsoft Office Trial 2007 (60 days)
Price: US$1999

Notebook Acer Ferrari 1005
AMD Turion 64X2 Mobile Technology TL-60 (2.0Ghz, 2x512Kb L2 Cache): Dual Core processing, simultaneous 32 and 64 bit Windows competible support; AMD PowerNow, AMD HyperTransport and Enhanced Virus Protection technology | 12.1" WXGA high-brightness (200nit) Acer CrystalBrite TFT LCD Display | 160Gb HDD | 2 x 1Gb DDR | DVD Super Multi Double Layer Drive (External) | ATI Mobility Radeon X1150 with 512Mb | Acer OrbiCam (1.3MPx CMOS camera) + Acer Bluetooth VoIP Phone | 5-in-1 Card Reader | Bluetooth 2.0+EDR Integrated 10/100/1000Mbps Fast Ethernet | 3 x USB 2.0 Ports, IEEE 1394 port, Infra Red Port, Wireless LAN 802.11b/g | Genuine Windows XP Professional | Free: 5200MAH Battery + Wireless Bluetooth Optical Mouse + Acer Exclusive Leather Cover | Lithium Battery Pack | 1.6Kgs (with 3 cell battery)
Price: US$2499

*All content and specification subject to change without notification. All trademarks are property of the respective owners
Make sure you have the products guaranteed by PT. Acer Indonesia
*Harga dapat berubah sewaktu - waktu tanpa pemberitahuan
*Jika ada perbedaan spesifikasi produk, produk fisik menjadi acuannya
*Tidak semua barang dalam keadaan ready stock, mohon konfirmasi sebelumnya
*Price Franco Jakarta

Tuesday, May 6, 2008

Tips Membeli Laptop

Tips Membeli Laptop



Nongkrong di kantin, ngelihat benda kotak ada layarnya ada keyboardnya, plus ada mahasiswa senyum-senyum atau bengong di depannya. Ya itulah laptop, benda yang mengantarkan seorang Tukul Arwana menjadi mega-star seperti sekarang ini. Menurut pengamatan penulis, selama setahun kuliah, di FK Unud keberadaan laptop menjadi hal yang lumrah. Apalagi setelah munculnya hotspot kampus, semakin banyak mahasiswa yang nongkrong pakai laptop.

Buat yang belum memiliki laptop dan ingin membelinya ikuti tips berikut, yang penulis simak dari beberapa sumber dan pengalaman penulis (mendengar plus mencicipi laptop saudara):
1. Kenali jeroan notebook. Banyak rekan penulis yang masih bingung mendengar istilah-istilah aneh saat penjual menawari mereka laptop, berikut jargon-jargon (istilah red.) yang perlu rekan-rekan ketahui:

  • Processor: Ini intinya notebook yang bakal nentuin kinerja laptop kita. Biasanya kita ditawari Intel atau AMD, yang tentunya serupa tapi tak sama. Ada berbagai macam pilihan, biasanya untuk kerja standar macam ngetik atau dengerin musik, rekan-rekan udah cukup Intel Celeron atau AMD Sempron. Tapi buat yang punya rejeki lebih tidak ada salahnya mencoba Intel Core 2 Duo atau AMD Turion 64.
  • GPU: banyak juga penjual yang nanyain kartu grafisnya apa? Kalo ini sih biasanya rekan-rekan yang suka main game yang konsen. Biasanya yang cukup terkenal di laptop merek nVidia atau ATi. Tapi buat rekan-rekan yang mau simple lebih baik pakai bawaan standarnya aja.
  • RAM: ini salah satu faktor yang nentuin kecepatan laptop. Di pasaran umumnya yang paling rendah 256 mb, tapi buat yang pengen ngebut sampai terbang silahkan upgrade ke 2 GB.
  • Hardisk: bukan istilah baru lagi. Rata-rata sekarang sudah 60 GB
  • USB slot: wajib buat teman2 yang seneng nyolok-nyolok (flashdisk maksudnya)
  • Wi-Fi: bukan istilah baru lagi di kampus FK. Buat yang suka pakai hotspot kampus pastikan laptop anda memiliki ini.

2. Cek Dana. Hati-hati jangan sampai toko nafsu dengan rayuan penjual (mana cantik atau ganteng pula) tapi sampai di kasir uang di dompet kurang. Jangan terlalu tergiur promo, jika memungkinkan keliling dulu untuk cari harga plus spesifikasi yang pas.
3. Kenyamanan & Garansi: cek layar ama keyboard, soalnya kalau sudah punya susah digantinya. Jadi coba dulu laptop yang biasanya dipajang di depan stand. Garansi juga dicek, cari yang ada servicenya di Bali. Jangan sampai laptop anda dikirim ke Jakarta bahkan keluar negeri dikala ada masalah.
4. Merek: buat para rekan-rekan yang brand-minded mungkin bisa milih merek Toshiba, Acer, Apple, Axioo, HP, atau Sony. Setiap merk memiliki kelebihan masing-masing. Jadi It’s Your Choice
5. Kebutuhan: ini yang paling penting. Banyak tabloid dan website komputer menyebutkan “Jangan tergiur dengan spek gila-gilaan”, apalagi baru dapat rejeki lebih. Jika anda seorang mahasiswa kedokteran yang hobi main game macam Warcraft, Counterstrike, atau Command & Conquer atau mungkin seorang video-editor, spek mewah wajar dimiliki. Tapi jika hanya untuk browsing FS, ngelihat slide kuliah dosen, baca jurnal, atau mengetik laporan cukuplah dengan spesifikasi standar saja. Sekali lagi hal ini subjektif, tergantung keperluan dan dana rekan-rekan. Tapi belakangan ini banyak rekan-rekan penulis yang mempercayai mindset ini, mengingat teknologi komputer yang berkembang begitu cepat. Mungkin saat artikel ini rekan-rekan baca 6 bulan lagi, trend processor yang penulis sebut diatas sudah bergeser.

Itulah beberapa tips membeli laptop. Semoga dapat dijadikan referensi buat rekan-rekan.

Nb: Buat teman-teman yang setelah membaca artikel ini, membeli laptop. Jangan lupakan berbagi dengan teman kalian (terutama pas browsing internet bareng).

Tips Membeli Notebook ataupun Laptop


Kali ini, penulis ingin berbagi sedikit tips kepada pengunjung yang mampir ke blogs penulis. Kali ini tips yang ingin dibagikan yaitu sekilas pertimbangan ketika ingin membeli laptop atau notebook so lets cek it now…
tips-membeli-laptop.jpg

Hmm..kembali ke laptop….mybe itu adalah kata yang sedang ngetop saat ini, yup kata itu biasa diucapkan presenter 4 mata saat membawakan acaranya. Kita tahu bahwa laptop digunakan alat bantu untuk mendukung acara tersebut dan tanpa disadari saat ini laptop merupakan barang yang bukan mewah lagi. Sebagai contoh saat ini banyak sekali mahasiswa dikampus saya yang membawa laptop entah itu kebutuhan, alat pendukung ataupun hanya ingin pamer saja. Yang jelas piranti satu ini merupakan salah satu fenomena yang sedang marak untuk dimiliki..loh emang gitu..? lihat saja beberapa waktu lalu para anggota dewan kita mencak-mencak minta laptop dengan alasan untuk pendukung kinerja mereka and ngk tanggung-tanggung biaya yang diinginkan yaitu tipe laptop dengan harga 25juta. Belum lagi baru-baru ini pameran computer ditempat saya berada lebih banyak menawarkan konsumen berupa laptop karena saat ini laptop dinilai lebih mudah dibawa kemana-mana dan harga na yang semakin terjangkau.

Namun ada satu hal yang harus dipikirkan sebelum membeli barang yang satu ini,yaitu bagaiman kita membeli laptop yang sesuai dengan kita. Karena kita tak memungkiri bahwa laptop saat ini dapat disejajarkan dengan hp,loh dalam hal apa..??? tentu saja sama karena dalam beberapa waktu saja tipe and varian laptop semakin berkembang dan harganya semakin kompetitif antar masing-masing vendor. Jadi mari kita selidiki beberapa tips yang dapat digunakan untuk memilih and membeli laptop.

Dari beragam iklan yang ditawarkan di media massa ataupun dari pameran computer bahkan dari took online, saya lihat laptop atau notebook yang dijual berasal dari beberapa merk (dari brand atau merk yang sudah terkenal buatan luar negeri sampai merk dalam negeri) dengan spesifikasi hardware yang beragam dan harga yang sangat kompetitif (bikin saya makin ingin beli laptop). Tapi dari hal-hal tadi saya simpulkan :
§ Belilah laptop sesuai kemampuan keuangan kita (harga laptop sekarang mulai dari 5 juta sampai 25 juta-an). So sebelum membali cek lagi dana kita berapa…
§ Belilah laptop sesuai untuk pekerjaannya (jangan beli laptop dengan spefikasi yang wah seharga 21 juta hanya untuk mengetik, buat slide presentasi dan sufing doank, toh dengan laptop seharga 5-8 juta-an sudah bisa). Namun kalo dana kita banyak ya tidak masalah namun ada satu hal yaitu percuma….beli laptop mahal namun dipakai untuk pekerjaan ringan karena laptop mahal berarti kemampuan tinggi alias high performance….
§ Sebelum beli bandingkan beberapa merk laptop, karena biasanya ada perbedaan harga yang lumayan padahal spefikasi hardware laptopnya tidak berbeda jauh.
§ Bila anda sungguh-sungguh untuk membeli laptop yang murah carilah ketika ada pameran komputer, karena biasanya harga ketika pameran sedikit lebih murah. Selain harganya lebih sedikit murah, kalau kita pinter negosiasi biasanya akan mendapat gift alias hadiah tambahan seperti mouse atau screen pelindung monitor untuk laptop. Bahkan bisa saja dapat baju atau flashdisk or mybe printer…
§ Bila beli yang bekas, usahakan untuk membeli dengan teman yang mengerti mengenai komputer sehingga dapat memilih laptop yang tepat.
Selain tips diatas, ada lagi yaitu tips beli laptop atau notebook berdasarkan spefikasi hardware laptopnya, yaitu :
§ Prosessor, kalau masalah inti otak laptop ini, saya sarankan belilah laptop yang prosessornya Mobile (prosessor khusus buat perangkat bergerak terutama laptop) jangan yang prosessornya buat PC desktop. Meski pun harga laptop berprosessor Mobile agak tinggi, tapi pemakain dayanya lebih bagus. Lalu cari yang bukan prosessor value (kecuali buat laptop hanya untuk pekerjaan yang tidak terlalu berat, contoh untuk mengetik,dll), untuk contoh prosessor value adalah Intel Celeron atau AMD Sempron. Untuk soal kecepatan 1,6 GHz-1,8 GHz itu sudah cukup untuk kalangan biasa, kecuali untuk image-audio-video editing dan game (yang tertentu saja) mungkin yang kecepatan 1,8 GHz - 2,0 GHz itu akan lebih baik. Adapun perkembangan prosesor saat ini berkembang. Mulai dari intel centrino, intel centrino core duo dan yang marak data ini intel core 2 duo. Untuk AMD sendiri merilis sekitar jenis AMD sempron, AMD Turion, hingga AMD Turion X2.
§ Memory, untuk masalah memory cari saja yang standar (256 MB-512 MB) untuk laptop sudah cukup, kecuali bila ada keinginan untuk install OS Windows Vista,cari yang memorinya 512 MB (standar minimal memori Vista) atau 1 GB kalau bisa.
§ Hardisk, untuk masalah media penyimpanan standar Hardisk berkapasitas 40 GB sudah cukup tapi kalau ada yang berkapasitas 80 GB itu lebih baik (karena biasanya data di laptop hanya untuk sementara saja) , kecuali bagi laptop untuk image-audio-video editing dan game mungin perlu hardisk yang cukup besar,misalnya 160 GB.
§ Masalah tampilan untuk Grafik, soal ini biasanya laptop memakai grafik onboard (biasanya dari intel ), tapi ada yang memakai dari chip buatan ATI atau NVIDIA tapi biasanya itu jarang dan ada pada laptop kelas menengah ke atas, untuk pemakaian umum grafik ini tidak perlu dipersoalkan tapi untuk kalangan antusias mungkin harus cari yang lebih bagus (ingat bahwa chip grafik di laptop biasanya bersatu dengan mainboardnya tidak terpisah dalam cardnya seperti pada PC desktop, jadi tidak dapat di upgrade).
§ Monitor, disarankan monitornya yang sedang saja (14’ inchi-15’inchi), jangan terlalu kekecilan (12’ inchi),nanti tidak jelas atau yang besar (17’ inchi) karena besar monitor berpengaruh terhadap harga laptopnya serta kepada konsumsi daya si laptop itu sendiri.
§ Cari laptop yang punya koneksi wifi yang medukung jaringan A/G atau lebih baik lagi yang mendukung jaringan ABG jadi lebih tenang (sebenarnya jaringan wifi standar A di dukung oleh standar G hanya kecepatan datanya lebih rendah yang A, tetapi standar B tidak di dukung oleh keduannya (A/G), jadi yang mendukung jaringan ABG itu lebih baik bahkan coba juga yang mendukung jaringan wifi standar N yang terbaru walau pun ada kemungkinan itu juga agak langka). Salah satu alasan penggunaan laptop adalah untuk ngespot alias ngenet pake hospot bener ngk…??? Walaupun biasanya ada onboard untuk LAN card nya juga sech
§ Untuk perangkat optic (CD-ROM, dll), rata-rata sekarang pembuat laptop memasangakan perangakat optic sudah mendukung DVDRW walaupun ada juga yang hanya Combo (CDRW+DVDROM) atau hanya DVDROM saja, tapi menurut saya DVDROM atau COMBO sudah cukup karena perangkat ini jarang dipakai untuk menulis (write) tapi lebih banyak digunakan membaca (read) karena perangkat optik ini juga berpengaruh terhadap harga. Namun ada baik nya memilih untuk paket perangkat berupa DVD-RW karena paket ini kita sudah bisa melakukan apapun baik itu untuk cd read-write dan juga dvd read-write.
§ Untuk tambahan perangkat yang lain seperti bluethoot,card reader, finger scan, dll intu juga dapat menjadi pertimbangan.
§ Jangan lupa setiap pembelian laptop atau notebook, tanyakan mengenai garansi, service centre, dan juga cd driver. Untuk masalah cd driver ini biasanya hanya diberikan kepada jenis laptop dengan paket non Os. Biasanya took yang menyertakan paket Os kepada laptopnya hanya memberikan cd back up untuk Os nya itu sendiri dimana biasanya cd back up itu sudah include dengan driver nya si laptop. So ini juga diperhatikan.

Posted in informatika room.

Tips membeli atau memilih notebook / laptop


Akhir-akhir ini perkembangan penjualan notebook/laptop mengalami peningkatan yang sangat mencolok dan nyaris menyamai penjualan personal computer (PC). Laptop sudah tidak lagi sekedar menjadi kebutuhan kerja tetapi sudah hampir menjadi gaya hidup seperti halnya hand phone. Dulu, saya sempat bingung ketika sebagian orang menyebut laptop dan sebagian lagi menyebut notebook, lalu saya bertanya apakah ada bedanya. Ternyata, perbedaannya adalah dari segi etimologi bahasa, pada mulanya ‘lap’ yang berarti pangkuan dan ‘top’ yang berarti atas merupakan nama umum dari komputer yang bisa ditaruh dipangkuan, lalu karena sebagian besar pengguna laptop tidak selalu memangku laptop tetapi ditaruh di meja (karena kalau dipangku panas), maka kata laptop menjadi tidak relevan lagi dan muncullah ‘notebook’ yang diibaratkan komputer kecil yang bisa dilipat-lipat.

Beberapa hal yang perlu dijadikan pertimbangan saat kita ingin membeli notebook/laptop :

Fungsi
Yang paling diuntungkan oleh mobilitas laptop adalah seorang penulis, mahasiswa yang sedang skripsi, administrasi, programer dan berbagai jenis pekerjaan yang berbau ‘mengetik’. Jadi, jika anda seorang gamer rasanya kurang begitu bijak untuk membeli laptop karena dengan harga laptop middle end anda sudah bisa mempunyai spesifikasi PC yang tinggi. Kira-kira budget yang dibutuhkan sekitar 4-6 juta, tidak perlu sampai 21 juta jika hanya untuk mengetik dan presentasi dalam sidang.

Garansi dan Operating System
Untuk garansi, pastikan toko tersebut sudah terjamin dalam pelayanan masalah garansi, beberapa penjual memang agak ‘resek’ tentang masalah garansi ini. Atau beli merek yang ada garansi internasional dan lokalnya. Jika ingin OS yang benar-benar asli, biasanya ada serial numbernya di body notebook. Tapi kita kan di Indonesia, tidak perlu repot-repot masalah OS original.

Hardware
Komponen yang paling mempengaruhi harga notebook adalah monitor dan processornya, komponen lain seperti memory, hardisk, kartu grafis, optical drive, wifi, dll biasanya akan mengikuti. Semakin tinggi processor maka komponen lainnya juga semakin lengkap dan bagus, walaupun akan banyak improvisasi dari masing-masing vendor, tapi tidak akan berbeda terlalu jauh. Untuk hal ini, anda sedikit butuh kerja karena anda harus membandingkan harga antara satu toko dengan yang lain untuk spesifikasi yang mirip.

Slowly
Bila anda sungguh-sungguh ingin membeli laptop dengan harga yang cukup murah, usahakan untuk membeli waktu pameran (harga agak miring sedikit, tapi tetap usahakan dari toko yang sudah anda kenal baik pelayanannya).






 

Pengikut

About Me

saya lulusan SMK N 3 JEPARA jurusan Teknik Komputer dan Jaringan tahun 2010.. dan sekarang (2013) masih menjalani studi di sekolah tinggi ilmu ekonomi (STIE) TOTALWIN Semarang mengambil Akuntansi... saya menggeluti bidang marketing produk khas Jepara seperti Furniture dan Interior , Hasil Olahan Ikan , Kain Tenun Teroso, souvernir kayu (patung dan ukiran), serta marketing Mobil
{assoka jepara} is proudly powered by dirubah oleh assoka | Template by Agus Ramadhani | assoka